Calon pimpinan MPR, PKS Sebut HNW, PKB Usulkan Rusdi Kirana

Demokrat tidak mengajukan lagi Syarief Hasan karena tidak terpilih lagi.

Republika/Prayogi
Sejumlah anggota DPR mengikuti rapat paripurna pemilihan dan penetapan pimpinan DPR periode 2024-2029 di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024). Rapat paripurna tersebut menetapkan Puan Maharani dari Fraksi PDIP sebagai ketua DPR serta Wakil Ketua DPR yaitu Adies Kadir dari Fraksi Partai Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra, Saan Mustopa dari Fraksi Nasdem dan Cucun Syamsurijal dari Fraksi PKB.
Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengatakan bahwa fraksi-nya kembali mengusulkan Wakil Ketua MPR RI periode 2019-2024 Hidayat Nur Wahid (HNW) untuk menjadi pimpinan MPR RI periode 2024-2029.

Baca Juga


"iya, masih Ustaz Dr HNW, Insya-Allah sebentar lagi diumumkan di fraksi," kata Jazuli dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKB DPR RI Jazilul Fawaid mengatakan bahwa fraksi-nya sepakat untuk mengusulkan anggota DPR RI yang merupakan Wakil Ketua Umum PKB Rusdi Kirana untuk duduk di kursi pimpinan MPR RI periode 2024-2029.

"Sudah (sepakat), nanti akan disampaikan secara resmi dalam paripurna MPR untuk ditetapkan dan dilantik menjadi wakil ketua MPR RI," katanya dalam keterangan tertulis.

Adapun Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono menyebut pihaknya tidak mengajukan Wakil Ketua MPR RI periode 2019-2024 Syarief Hasan untuk kembali menjadi pimpinan MPR RI periode 2024-2029, sebab yang bersangkutan tak lagi duduk di Senayan.

"Pak Syarief Hasan tidak terpilih kembali kemarin, tapi saya yakin kerja-kerjanya kemarin selama lima tahun sangat banyak berarti," ujar Ibas, sapaan karibnya, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.

Dia pun enggan membeberkan nama calon pimpinan yang akan diusung fraksi-nya sebab masih menunggu arahan dari partai-nya. "Saya masih menunggu nanti apa yang disampaikan Dewan Pimpinan Pusat," ucap dia.

Diketahui, MPR RI mengagendakan persiapan pemilihan pimpinan pada rapat gabungan pimpinan sementara MPR RI dengan pimpinan fraksi atau kelompok Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI pada Rabu ini.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler