Jelang Debat Pilgub DKI Jakarta, Pramono Belajar dari Ahok, RK Sudah Siap Mental

Pramono Anung juga mengaku telah membawa visi misi Anies Baswedan.

Republika/Prayogi
Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK)-Suswono, Nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana dan Nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno menunjukkan nomor urut pada acara rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2024 di Gedung KPU Provinsi DKI Jakarta, Senin (23/9/2024). KPU Provinsi DKI Jakarta telah melakukan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon gubernur-wakil gubernur untuk Pilgub Jakarta 2024 yaitu dengan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno mendapat nomor 3.
Rep: Bayu Adji P  Red: Teguh Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akan menggelar debat perdana untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) DKI Jakarta pada Ahad (6/10/2024). Debat perdana itu akan mengangkat tema "Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta Menjadi Kota Global".

Baca Juga


Cagub DKI Jakarta nomor urut 3 Pramono Anung mengaku telah siap untuk menghadapi debat yang akan digelar pada akhir pekan ini. Bahkan, Pramono telah banyak belajar mengenai permasalahan di Jakarta dari Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, yang notabene merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta.

"Saya dan Pak Ahok setiap hari berdiskusi dengan materi tentang Jakarta," kata dia di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2024).

Tak hanya itu, cagub yang didukung PDIP itu juga telah membaca visi misi milik Anies Baswedan yang belakangan disebarkan melalui media sosial. Menurut dia, terdapat banyak kesamaan antara visi misi milik Anies dengan miliknya.

"Dengan Pak Anies, Pak Anies sudah announced apa visi misi dia, jika disandingkan kesamaannya itu banyak sekali. Termasuk secara prinsip soal day care, kerja di mana saja," kata Pramono.

Ia juga mengeklaim sudah tidak asing dengan debat-debat calon pemimpin. Sebab, ia telah banyak menemani sejumlah tokoh dalam melakukan debat, seperti menemani Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo saat mempersiapkan materi debat calon presiden (capres).

Sementara itu, cagub DKI Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil (RK) juga menyatakan siap menghadapi debat perdana. Bukan hanya siap dalam materi debat, mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) itu juga telah siap secara fisik.

"Karena pernah mengalami debat begini dalam pemilihan wali kota, mirip-mirip. Hanya beda topik paling, beda wilayah. Jadi mentalnya insyaallah siap," kata dia.

RK mengaku akan fokus untuk menyampaikan pokok pikiran dalam visi misinya sesuai tema debat. Menurut dia, pihaknya telah menyiapkan sejumlah poin penting yang akan disampaikan dalam debat.

Namun, ia masih tetap harus berlatih agar dapat maksimal dalam debat itu. Salah satunya adalah terkait penyampaian program dari pasangan Ridwan Kamil-Suswono (Rido) dapat sampai ke warga DKI Jakarta dalam waktu yang relatif singkat.

Diketahui, debat perdana cagub-cawagub DKI Jakarta akan dilangsungkan di JIExpo Kemayoran pada pukul 19.00 WIB. Pelaksanaan debat cagub-cawagub itu akan dilakukan sebanyak tiga kali dengan durasi sekitar 150 menit, yang terdiri dari 120 menit untuk debat dan 30 menit untuk istirahat.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat, Astri Megatari mengatakan, pelaksanaan debat cagub-cawagub tak akan seperti debat dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, di mana ada debat tersendiri untuk debat calon wakil presiden (cawapres) di jadwal berbeda. Pelaksanaan debat cagub-cawagub DKI Jakarta akan dilakukan berbarengan.

"Kalau kemarin kan ada capres, ada debat capres gitu. Kalau untuk Pilkada, debatnya ini langsung, jadi dua-duanya akan langsung dihadirkan pada saat tiga kali debat itu," kata Astri beberapa waktu lalu.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler