Azwar Anas Angkat Bicara Namanya Digadang-gadang Masuk Kabinet Prabowo

Muncul kabar, dua kader PDIP yaitu Budi Gunawan dan Abdullah Azwar Anas jadi menteri.

Republika/Prayogi
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas.
Rep: Antara Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas buka suara terkait dengan peluang dirinya masuk kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Anas mengaku tak tahu terkait dengan hal tersebut.

Baca Juga


Mantan bupati Banyuwangi itu masih fokus menyelesaikan berbagai tugasnya di Kementerian PAN-RB. "Saya sendiri tidak tahu. Fokus kami sekarang bekerja, pekerjaan banyak banget seperti hari ini," kata Anas saat ditemui awak media di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Anas mengatakan, yang mengetahui penyusunan nama menteri pada pemerintahan baru adalah partai politik dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Karena itu, ia benar-benar tidak tahu jika namanya masuk bursa calon menteri. "Itu yang tahu beliau-beliau, termasuk partai dan (calon) presiden terpilih," jelasnya.

Prabowo disebut-sebut sudah menyiapkan dua kursi menteri atau setingkat menteri untuk kader PDIP jika partai berlambang banteng moncong putih itu mau masuk pemerintahan sebelumnya. Meskipun begitu, PDIP hingga kini belum menentukan sikap akan berada di dalam maupun luar pemerintahan mendatang.

Dua petinggi PDI Perjuangan dan Partai Gerindra, yang dipimpin oleh Prabowo, menyebut kursi itu akan diberikan kepada Anas dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) Budi Gunawan. Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto tak membantah atau membenarkan soal partainya menempatkan Budi dan Azwar Anas di kabinet Prabowo.

Hasto hanya berharap Prabowo bisa membentuk kabinet yang efektif dan membangkitkan optimisme publik. Sebelumnya, di kabinet pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Abdullah Azwar Anas menjabat sebagai menpan-RB setelah dilantik pada tanggal 7 September 2022.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler