35 Tahun Gerbang Brandenburg Dibuka dan Kenangan Perploncoan PMB

Tahun 2024, runtuhnya Tembok Berlin genap berusia 35 tahun. Seusia dengan Angkatan Brandenburg Perhimpunan Mahasiswa Bandung (PMB) yang bereuni pada September 2024, mengenang perploncoan dan menggelorakan semangat persatuan

network /oohya! I demi Indonesia
.
Rep: oohya! I demi Indonesia Red: Partner
Yanti Ozer, anggota Angkatan Brandenburg Perhimpunan Mahasiswa Bandung (PMB), berpose dengan jaket angkatan di depan Gerbang Brandenburg (Branderburger Tor), Jerman (foto: dokumentasi pribadi).

Pada 1989 ada peristiwa yang mengesankan bagi bangsa Indonesia. Pertama, munculnya karaoke di Jakarta-Bandung. Kedua, Tembok Berlin runtuh, menandai bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur.


Pada tahun itu juga, sekitar 150 mahasiswa mengikuti perploncoan di Perhimpunan Mahasiswa Bandung (PMB). Yang lulus ada 45 mahasiswa. Perploncoan adalah kegiatan penjaringan anggota baru di PMB, yang sifatnya sukarela.

Ketika mereka harus menamai angkatan dan membuat bendera angkatan, Karaoke dan Brandenburg masuk nominasi untuk jadi nama angkatan. "Karaoke tumbuh menjamur di mana-mana dan menjadi perbincangan banyak orang," kata Satria Wijaya, salah satu anggota PMB Angkatan Brandenburg, Ahad (13/10/2024).

Sedangkan Brandenburg, kata Satria Wijaya, adalah negara bagian di Jerman yang mengeilingi Berlin, yang terbentuk setelah Tembok Berlin diruntuhkan. Gerbang Brandenburg (Brandenburger Tor) kemudian dibuka kembali.

Pembukaan itu ditandai dengan perjalanan Kanselir Jerman Barat Helmut Kohl melintasi gerbang itu dengan berjalan kaki dan disambut oleh Perdana Menteri Jerman Timur Hans Modrow. Hal itu menandai bersatunya kembali Jerman Barat dan Jerman Timur.

Anggota PMB hadir di Kroeg 35 Tahun Angkatan Brandenburg PMB pada akhir September 2024. Nama angkatan diambil dari nama gerbang di Berlin, Brandenburg, yang dibuka kembali pada 22 Desember 1989 sebagai penanda bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur. (foto: rilis).

"Kejadian ini merupakan peristiwa terbesar pada tahun itu. Dan menjadi sejarah dunia. Sehingga diputuskan nama Gerbang Brandenburg di jadikan nama angkatan," kata Satria Wijaya.

Kebesaran peristiwa runtuhnya Tembok Berlin mengalahkan kebesaran maraknya karaoke di Jakarta-Bandung. Akibatnya, pilihan karaoke sebagai nama angkatan segera disingkirkan.

Pada saat presentasi nama angkatan di hadapan poengurus dan para senior, Satria Wijaya bercerita, pilihan Brandenburg dikritik habis-habisan. Peristiwa di Jerman itu dianggap jauh dari azas kenasionalan PMB.

Tapi Angkatan Brandenburg bisa mempertahankannya. Argumentasi yang diajukan bahwa bersatunya kembali Jerman Barat dan Jerman Timur bisa dijadikan cermin bagi bangsa Indonesia.

Pada dekade 1980-an, muncul persoalan separatisme di Indonesia. Ada Gerakan Aceh Merdeka (GAM) di Aceh, Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Irian Jaya, dan Republik Maluku Selatan (RMS) di Maluku.


Berpose di depan foto perploncoan yang mereka ikuti 35 tahun lalu (foto: rilis)

"Diterimanya nama Angkatan Brandenburg, karena bersatunya kembali Jerman Barat dan Jerman Timur dengan runtuhnya Tembok Berlin, merupakan peristiwa besar dan menjadi sejarah peradaban dunia. Sejarah ini akan selalu menjadi perbincangan dunia sepanjang zaman," jelas Satria Wijaya.

Setiap Angkatan Brandenburg PMB mengadakan reuni, selain mengenang perploncoan, peristiwa runtuhnya Tembok Berlin pada 1989 itu selalu menjadi pengingat betapa persatuan menjadi hal yang penting dan patut terus diperjuangkan. Bagi Angkatan Brandenburg, runtuhnya Tembok Berlin pada 9 November 1989 dan dibukanya kembali Gerbang Brandenburg pada 22 Desember 1989 adalah simbol betapa kuatnya perdamaian. Acara reuni, bisa diselipi dengan acara karaoke.

Sebuah peristiwa/fenomena dapat dipakai untuk nama angkatan di PMB memiliki syarat haruslah peristiwa/fenomena itu yang besar. Angkatan sebelumnya, memakai nama Angkatan Perak, karena pada 1988 untuk pertama kalinya sejak 1952 Indonesia mendapatkan medali di Olimpiade, meski hanya medali perak lewat cabang olahraga panahan.

Bendera Angkatan Brandenburg 1989 Perhimpunan Mahasiswa Bandung (PMB) (foto: rilis).

Tradisi pemberian nama angkatan di PMB menggunakan peristiwa/fenomena besar yang terjadi pada tahun angkatan itu ada sudah menjadi tradisi sejak perploncoan di PMB pada 1948. Dengan demikian, bendera-bendera angkatan mereka menjadi catatan sejarah Indonesia atau dunia. (pry)

sumber : https://oohya.republika.co.id/posts/482333/35-tahun-gerbang-brandenburg-dibuka-dan-kenangan-perploncoan-pmb
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Berita Terpopuler