Warga Israel Berbondong-bondong Kabur, Alquran Sudah Ungkap Watak Asli Mereka

Yahudi Berbondong-bondong tinggalkan Israel

AP/Ariel Schalit
Bandara Ben Gurion dekat Tel Aviv, Israel.
Rep: Muhyiddin Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM- Sebuah laporan terbaru surat kabar berbahasa Inggris yang diterbitkan dari Yerusalem yang diduduki, Jerusalem Post mengungkapkan bahwa Israel sedang menyaksikan emigrasi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Peristiwa ini mengingatkan kita tentang karakter Yahudi yang sebenarnya, yaitu penakut, pesimis, tamak terhadap dunia, dan lebih memilih hidup hina daripada mati mulia. Dalam Alquran surat Ali Imran ayat 112, Allah SWT berfirman:

ضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ اَيْنَ مَا ثُقِفُوْٓا اِلَّا بِحَبْلٍ مِّنَ اللّٰهِ وَحَبْلٍ مِّنَ النَّاسِ وَبَاۤءُوْ بِغَضَبٍ مِّنَ اللّٰهِ وَضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الْمَسْكَنَةُ ۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ كَانُوْا يَكْفُرُوْنَ بِاٰيٰتِ اللّٰهِ وَيَقْتُلُوْنَ الْاَنْبِۢيَاۤءَ بِغَيْرِ حَقٍّۗ  ذٰلِكَ بِمَا عَصَوْا وَّكَانُوْا يَعْتَدُوْنَ

Duribat 'alaihimuż-żillatu aina mā ṡuqifū illā biḥablim minallāhi wa ḥablim minan-nāsi wa bā`ụ bigaḍabim minallāhi wa ḍuribat 'alaihimul-maskanah, żālika bi`annahum kānụ yakfurụna bi`āyātillāhi wa yaqtulụnal-ambiyā`a bigairi ḥaqq, żālika bimā 'aṣaw wa kānụ ya'tadụn

"Kehinaan ditimpakan kepada mereka di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka (berpegang) pada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia. Mereka pasti mendapat murka dari Allah dan kesengsaraan ditimpakan kepada mereka. Yang demikian itu karena mereka mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa hak (alasan yang benar). Yang demikian itu karena mereka durhaka dan melampaui batas." 

Terkait ayat tersebut, dalam Tafsir Tahlili Kemenag dijelaskan bahwa dengan kekafiran dan keingkaran para Ahli Kitab (Yahudi), serta tindak tanduk mereka yang keterlaluan memusuhi umat Islam dengan berbagai cara dan usaha, Allah menimpakan kehinaan kepada mereka di mana saja mereka berada, kecuali bila mereka tunduk dan patuh kepada peraturan dan hukum Allah dengan membayar jizyah, yaitu pajak untuk memperoleh jaminan keamanan (ḥabl min Allah) dan mereka memperoleh keamanan dari kaum muslimin (habl min al-nas).

Tetapi hal itu tidak dapat mereka laksanakan dalam pergaulan mereka dengan Nabi dan para sahabatnya di Madinah, bahkan mereka selalu menentang dan berusaha melemahkan posisi kaum Muslimin dan tetap memusuhi Islam. Karena itu mereka mendapat kemurkaan Allah, ditimpa kehinaan dan terusir dari Madinah.

Mereka ditimpa kehinaan menjadi kaum yang penakut. Dalam surat Al-Maidah juga telah digambarkan bahwa mereka tidak butuh tanah yang dijanjikan dan tidak ingin merdeka selama masih ada sekelompok orang kuat yang tinggal di sana. Lalu mereka meminta Nabi Musa dan Tuhannya berperang sendiri.

قَالُوْا يٰمُوْسٰٓى اِنَّا لَنْ نَّدْخُلَهَآ اَبَدًا مَّا دَامُوْا فِيْهَا ۖفَاذْهَبْ اَنْتَ وَرَبُّكَ فَقَاتِلَآ اِنَّا هٰهُنَا قٰعِدُوْنَ 

Artinya: "Mereka berkata, “Wahai Musa! Sampai kapan pun kami tidak akan memasukinya selama mereka masih ada di dalamnya, karena itu pergilah engkau bersama Tuhanmu, dan berperanglah kamu berdua. Biarlah kami tetap (menanti) di sini saja.” (QS Al Maidah [5]: 24). 

Dalam tujuh bulan...

Dalam tujuh bulan pertama tahun ini, 40.600 orang meninggalkan negara itu, rata-rata 2.200 orang per bulan lebih banyak daripada 2023, dengan membawa serta uang, gelar akademis, dan keterampilan profesional mereka.

Angka-angka ini menunjukkan betapa migrasi ini merugikan Israel dalam jangka panjang, bahkan di daerah-daerah yang jauh dari pusat konflik di utara dan selatan.

CSO telah memodernisasi cara menghitung jumlah warga Israel yang pergi dan kembali dalam jangka panjang, dengan mengadopsi standar internasional untuk mengukur emigrasi dan mengembangkan metode statistik baru di dalam Divisi Kependudukan dan Sensus.

Kenyataan pahit

Menurut laporan surat kabar Israel, data yang dirilis menunjukkan kenyataan yang “pahit.” Pada 2023, 55.400 orang beremigrasi, sebuah rekor tertinggi dibandingkan dengan rata-rata tahunan 37.100 orang selama dekade sebelumnya.

Pada tahun yang sama, 27.800 orang Israel kembali setelah lama tinggal di luar negeri, naik dari rata-rata tahunan 23.800 orang selama dekade sebelumnya.

BACA JUGA: Jamuan Makan Malam Terakhir, Perpisahan Mengenaskan Pasukan Elite Golani Israel

Data tersebut juga menunjukkan bahwa 39 persen imigran pada tahun 2023 berasal dari daerah-daerah yang lebih makmur di negara tersebut, termasuk Tel Aviv dan wilayah tengah, sementara 28 persen lainnya berasal dari Haifa dan utara, dan 15 persen dari selatan.

Bahkan Yerusalem menyumbang 13 persen dari total imigran, dan bagian dari “Yudea dan Samaria” (Tepi Barat tidak termasuk Yerusalem Timur) adalah 5 persen.

Surat kabar tersebut...

Surat kabar tersebut mencatat bahwa tingkat emigrasi dari Israel meningkat selama musim panas. Sementara rata-rata 5.200 orang pergi dalam lima bulan pertama tahun ini, jumlah tersebut meningkat menjadi 7.300 orang pada Juni dan Juli.

Pada Agustus, 20.500 warga Israel yang biasanya tinggal di luar negeri kembali untuk berkunjung. Jumlah “imigran jangka panjang” meningkat -sebagaimana didefinisikan oleh Biro Pusat Statistik, meningkat 59 persen dalam tujuh bulan pertama 2023.

Proporsi kaum muda yang tinggi

Usia rata-rata migran pada 2023 adalah 31,6 tahun untuk pria dan 32,5 tahun untuk wanita. Mereka yang berusia dua puluhan dan tiga puluhan menyumbang 40 persen dari para imigran, meskipun mereka hanya mewakili sekitar 27 persen dari populasi.

Ini berarti bahwa Israel kehilangan angkatan kerja yang besar pada usia ketika banyak orang memasuki pasar tenaga kerja, belajar atau berlatih di luar negeri.

Di antara para imigran, 48 persen pria dan 45 persen wanita masih lajang. Sekitar 41 persen bermigrasi dengan pasangan, memperkuat kesan bahwa banyak dari mereka yang bermigrasi secara permanen.

BACA JUGA: Jika Benar-benar Berdiri, Ini Negara 'Islam' Pertama yang Halalkan Alkohol dan Bela Israel 

Jerusalem Post melanjutkan analisisnya terhadap data Biro Sensus, dengan mencatat bahwa orang Kristen non-Arab - sebagian besar imigran yang datang ke Israel dari bekas Uni Soviet - menyumbang 32,4 persen imigran pada 2023, meskipun mereka hanya mewakili 4,9 persen dari populasi umum.

Muslim dan Kristen Arab berkontribusi lebih sedikit pada gelombang imigrasi, hanya 6,2 persen dari total imigran, meskipun mereka merupakan 21,3 persen dari populasi Israel.

Baca Juga


Sumber: aljazeera

Daftar Kejahatan Tentara Israel - (Republika)

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler