Terungkap Penyebab Iphone 16 Belum Juga Dijual Secara Resmi di Indonesia

Iphone 16 telah dirilis oleh Apple secara global sejak 20 September 2024.

AP Photo/Matthias Schrader, File
Logo Apple.
Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski Iphone 16 telah dirilis ke publik pada 10 September 2024, hingga kini produk ponsel terbaru Apple itu belum juga beredar resmi di Indonesia. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan pihaknya sampai saat ini belum memberikan izin penjualan Iphone karena Apple hingga saat ini belum memenuhi komitmennya untuk merealisasikan investasi di Indonesia.

"Kami Kemenperin belum bisa membuka izin edar untuk Iphone 16, karena sebelumnya seperti yang telah saya sampaikan, karena memang masih ada komitmen yang belum disampaikan, direalisasikan oleh Apple," kata Agus, Selasa (22/10/2024).

Agus mengatakan apabila ada produk Iphone 16 yang beredar di pasar Indonesia, bisa dipastikan itu merupakan barang ilegal. Sehingga dirinya meminta masyarakat untuk melapor kepada Kemenperin. Agus memastikan, belum menerbitkan nomor seri International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk Iphone 16 yang didistribusikan di Indonesia.

"Boleh saya sampaikan ilegal. Laporkan kepada kami," kata Agus.

Menperin menjelaskan di Indonesia ada tiga institusi yang memiliki kewenangan untuk menerbitkan IMEI, yakni Kementerian Perindustrian, Bea Cukai, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Disampaikan Menperin, Kemkominfo hanya berwenang untuk mengeluarkan IMEI untuk para diplomat.

Adapun, Apple saat ini tengah mengurus perpanjangan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) agar produk terbarunya bisa masuk ke pasar Indonesia. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, disampaikan Menperin, perusahaan terkemuka Apple mesti merealisasikan sisa komitmen investasi di Indonesia yang sebesar Rp240 miliar dari total Rp1,71 triliun.

Apple akan buat prosesor sendiri untuk Mac - (republika)

 

Skema investasi yang dipilih oleh Apple untuk mendapatkan sertifikat TKDN yakni jalur inovasi dengan membangun Apple Academy yang saat ini sudah ada tiga di Indonesia yakni berada di Tangerang, Sidoarjo, dan Batam. Dalam kunjungan CEO Apple Tim Cook ke Indonesia pada April 2024, ia menyatakan pihaknya bakal segera membuka Apple Academy keempat di Bali.

"Kalau sudah direalisasikan, maka mereka bisa dapat sertifikasi TKDN dan mereka bisa menjual Iphone 16. Nah sekarang ditunda dulu," kata Juru Bicara Kemenperin Febri Hendri Antoni Arief, di Jakarta, Senin (8/10/2024).

Disampaikan Febri, lama proses sertifikasi TKDN tersebut tergantung pada laporan realisasi investasi yang dilakukan oleh pihak Apple. Lebih lanjut, dirinya mengatakan pihaknya mendorong agar Apple untuk menambah realisasi investasi di Indonesia supaya bisa membantu mendongkrak sumber daya manusia (SDM) industri yang kompeten.

"Biar nambah banyak, dan banyak orang Indonesia yang bisa belajar di Apple Academy," katanya pula.

Kemenperin menyatakan produk yang memiliki TKDN dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) di atas 40 persen telah memiliki syarat untuk wajib dibeli. Khususnya dalam pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah, BUMN, BUMD maupun swasta yang menggunakan APBN/APBD atau mengusahakan sumber daya yang dikuasai negara.

Berdasarkan Permenperin Nomor 29 Tahun 2017 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai Komponen Dalam Negeri Produk Telepon Seluler, Komputer Genggam, dan Komputer Tablet, penghitungan TKDN dapat dilakukan menggunakan tiga skema. Skema tersebut adalah pembuatan produk di dalam negeri (manufaktur), pembuatan aplikasi di dalam negeri, atau pengembangan inovasi di dalam negeri.

Baca Juga



Dalam hal ini, skema yang digunakan Apple adalah melalui skema pengembangan inovasi. Yakni dengan cara mendirikan Apple Academy.

Pada 20 September 2024, Apple secara resmi memperkenalkan IPhone 16 dan IPhone 16 Plus yang membawa pembaruan desain yang lebih minimalis dan tampil lebih berwarna. Perombakan desain terlihat pada tampilan letak kameranya yang tidak lagi mengusung tampilan kotak dan memilih tampilan oval mengikuti lensa yang disematkan pada kedua ponsel ini.

"IPhone 16 dan iPhone 16 Plus menandai awal dari era baru untuk IPhone dengan Apple Intelligence memberikan pengalaman yang kuat, pribadi, dan pribadi kepada pengguna kami," kata VP Apple Worldwide iPhone Product Marketing Kaiann Drance dalan keterangannya, Selasa (20/9/2024).

Membedah spesifikasinya IPhone 16 dan IPhone 16 Plus hadir dengan layar 6.1 inci dan 6.7 inci menggunakan layar OLED yang dirancang dengan ketahanan luar biasa menggunakan keramik generasi terbaru dengan formulasi canggih yang 50 persen lebih keras daripada generasi pertamanya. Pada bagian belakang, Apple merancang ponsel ini dengan bahan kaca belakang yang kuat serta tahan air dan debu.

Untuk dapur pacu sebagai spesifikasi intinya, IPhone 16 dan IPhone 16 Plus hadir dengan chip Bionic A18 yang diklaim memberikan peningkatan performa dan efisiensi yang signifikan. Chip ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan game AAA yang sebelumnya terbatas pada model IPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dan mampu menjaga masa pakai baterai lebih lama.

Dibangun di atas arsitektur chip tiga nanometer generasi kedua, chip ini diklaim mampu mempercepat kinerja Apple Intelligence sebagai kecerdasan artifisial generatif besutan Apple. Membahas Apple Intelligence, kecerdasan artifisial ini dirancang mampu berkreasi dengan bahasa dan gambar secara efektif dan akan dirilis dalam Bahasa Inggris AS pada bulan depan melalui iOS 18 ke semua pengguna IPhone 16 series.

Sebagai keunggulan, Apple Intelligence digadang mampu menjaga privasi dan keamanan data pengguna dengan menggunakan teknologi Private Cloud Compute. Pembaruan lainnya yang tak kalah menarik dari IPhone 16 dan IPhone 16 Plus ialah hadirnya "Action Button", memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengakses fitur yang berguna.

Secara default, ia mengalihkan mode suara antara Ring dan Silent, atau pengguna dapat memilih dari serangkaian tindakan yang luas untuk kenyamanan dan fleksibilitas yang lebih. Membahas kemampuan kameranya, sistem kamera pada IPhone 16 dibekali dengan sensor Fusion 48MP yang menawarkan kualitas gambar yang lebih tinggi.

Kamera Ultra Wide-nya berukuran 12 MP memungkinkan pengguna untuk mengambil foto makro dengan detail yang lebih tajam. Mengikuti kesuksesan generasi sebelumnya, IPhone 16 series tentunya menyediakan "Emergency SOS" dengan satelit memungkinkan pengguna dapat terhubung ke satelit terdekat untuk mengirim dan menerima teks, emoji, dan Tapbacks melalui iMessage dan SMS sementara di luar jangkauan seluler dan Wi-Fi.4.

IPhone 16 dan IPhone 16 Plus akan tersedia dalam warna-warna yang sangat cerah seperti warna ultramarine, teal serta pink. Meski demikian hadir juga warna netral yaitu putih dan hitam

Untuk pilihan memorinya, IPhone 16 dan IPhone 16 Plus hadir dalam pilihan 128GB, 256GB, dan 512GB. IPhone 16 akan dijual seharga dari 799 dolar AS (Rp12,3 jutaan) dan IPhone 16 Plus mulai dari 899 dolar AS (Rp13,8 jutaan).

Komik Si Calus : Dilema Gen Z - (Daan Yahya/Republika)

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Berita Terpopuler