Pemerintah China Perintahkan Produsen Mobil Listriknya Hentikan Investasi di Eropa
Italia dan Prancis telah merayu produsen EV China untuk investasi.
REPUBLIKA.CO.ID,SHANGHAI -- China telah meminta produsen mobilnya untuk menghentikan investasi besar di negara-negara Eropa yang mendukung tarif tambahan untuk kendaraan listrik buatan China.
Seperti diberitakan Reuters, Rabu (30/10/2024), hal itu disampaikan oleh dua orang yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut. Langkah China kemungkinan akan semakin memecah belah Eropa.
Tarif baru Uni Eropa hingga 45,3 persen mulai berlaku pada Rabu (30/10/2024) setelah penyelidikan selama setahun yang memecah blok tersebut dan memicu pembalasan dari Beijing. Sepuluh anggota UE termasuk Prancis, Polandia, dan Italia mendukung tarif dalam pemungutan suara bulan ini, di mana lima anggota termasuk Jerman menentangnya dan 12 abstain.
Saat Beijing melanjutkan negosiasi mengenai alternatif tarif, produsen mobil china termasuk BYD, SAIC, dan Geely diberitahu pada pertemuan yang diadakan oleh Kementerian Perdagangan pada 10 Oktober bahwa mereka harus menghentikan rencana investasi aset berat mereka seperti pabrik di negara-negara yang mendukung proposal tersebut, kata orang-orang tersebut.
Mereka menolak disebutkan namanya, karena pertemuan tersebut tidak bersifat publik. Beberapa produsen mobil asing juga menghadiri pertemuan tersebut, di mana para peserta diminta untuk berhati-hati tentang investasi mereka di negara-negara yang abstain dari pemungutan suara dan "didorong" untuk berinvestasi di negara-negara yang memberikan suara menentang tarif, kata orang-orang tersebut.
Geely menolak berkomentar. SAIC, BYD, dan kementerian perdagangan juga tidak segera membalas permintaan komentar.
Italia dan Prancis termasuk di antara negara-negara Uni Eropa yang telah merayu produsen mobil China untuk investasi, tetapi mereka juga telah memperingatkan tentang risiko yang ditimbulkan oleh membanjirnya kendaraan listrik China yang murah bagi produsen Eropa.
SAIC milik negara, eksportir mobil terbesar kedua di Tiongkok, tengah memilih lokasi untuk pabrik kendaraan listrik di Eropa dan telah merencanakan secara terpisah untuk membuka pusat suku cadang Eropa keduanya di Prancis tahun ini guna memenuhi permintaan yang terus meningkat untuk mobil merek MG-nya. Pemerintah Prancis tidak segera membalas permintaan komentar.
Pemerintah Italia tengah berunding dengan Chery, produsen mobil terbesar di Tiongkok berdasarkan ekspor, dan produsen mobil Tiongkok lainnya, termasuk Dongfeng Motor tentang potensi investasi. Kementerian industri Italia menolak berkomentar. Dongfeng dan Chery tidak segera menanggapi.
BYD tengah membangun pabrik di Hongaria, yang menolak tarif. Raksasa kendaraan listrik Tiongkok itu juga telah mempertimbangkan untuk merelokasi kantor pusatnya di Eropa dari Belanda ke Hongaria karena masalah biaya, kata dua orang terpisah yang mengetahui masalah tersebut.
Bahkan sebelum Beijing mengeluarkan arahannya, perusahaan-perusahaan Tiongkok berhati-hati dalam mendirikan lokasi produksi secara independen di Eropa, karena hal itu memerlukan investasi dalam jumlah besar dan pemahaman mendalam tentang hukum dan budaya setempat.
Para produsen mobil juga diberitahu pada pertemuan 10 Oktober bahwa mereka harus menghindari diskusi investasi terpisah dengan pemerintah Eropa dan sebaliknya bekerja sama untuk mengadakan pembicaraan kolektif, kata orang-orang tersebut.
Arahan tersebut mengikuti peringatan serupa pada bulan Juli ketika kementerian perdagangan menyarankan para produsen mobil Tiongkok untuk tidak berinvestasi di negara-negara seperti India dan Turki, dan untuk berhati-hati dengan investasi di Eropa.