Rabu 11 Mar 2020 04:18 WIB

Organisasi Penggerak Efektif Tingkatkan Kapasitas Guru

Pelatihan akan menciptakan kepala sekolah dan guru dengan keahlian khusus.

Red: Ratna Puspita
Murid sekolah dasar menuliskan pesan dan kesan pada gurunya.
Foto: ANTARA
Murid sekolah dasar menuliskan pesan dan kesan pada gurunya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat pendidikan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pontianak Prof Samion menilai kebijakan Merdeka Belajar episode IV akan efektif dalam meningkatkan kapasitas guru dan kepala sekolah.

"Kebijakan Merdeka Belajar episode IV yang menggandeng organisasi pendidikan, akan efektif dalam meningkatkan kapasitas guru dan kepsek. Ini bukanlah program yang asal-asalan dan tidak efisien," ujar Samion dalam keterangan di Jakarta, Selasa (10/3).

Baca Juga

Dari pelatihan yang digelar, kata dia, akan mempunyai target terciptanya kepala sekolah dan guru yang punya keahlian khusus. Hal itu memerlukan pembiayaan tidak sedikit.

Kemendikbud meluncurkan Merdeka Belajar episode IV, yakni mengenai program Organisasi Penggerak yang bertujuan meningkatkan kualitas guru dan kepala sekolah. Program pemberdayaan tersebut melibatkan organisasi secara masif melalui dukungan pemerintah untuk peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah berdasarkan model-model pelatihan yang sudah terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.