Rabu 18 Mar 2020 11:20 WIB

Facebook Beri Rp 15 Juta untuk Karyawan Terdampak Corona

Saat ini Facebook hanya memiliki sekitar 45 ribu karyawan yang bekerja purnawaktu.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Facebook.(AP)
Foto: AP
Facebook.(AP)

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA --  Facebook memberi kompensasi uang tunai 1.000 dolar AS atau sekitar Rp 15,2 juta pada setiap karyawannya yang terdampak virus Corona. Saat ini Facebook hanya memiliki sekitar 45 ribu karyawan yang bekerja purnawaktu. Pemberian uang saku ini sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk mengurangi kejatuhan finansial akibat karantina dan karantina wilayah (lockdown) terkait virus corona SARS CoV 2.

Itu artinya, uang yang dikeluarkan Facebook untuk karyawannya sebesar 45 juta dolar AS. Jumlah itu memang bukan angka yang kecil. Namun, Facebook dapat dengan mudah melakukannya. Selama kuartal liburan 2019, misalnya, Facebook menghasilkan pendapatan sebesar 16,9 miliar dolar AS dan laba 6,9 miliar dolar AS.

Baca Juga

Sepanjang 2019, Facebook menghasilkan pendapatan 70 miliar dolar AS yang mengesankan. Selain memperoleh uang tunai 1.000 dolar AS, karyawan Facebook akan menerima peringkat “terbaik” sebagai bagian dari tinjauan tengah tahun mereka.

Karena itu, karyawan Facebook dengan struktur bonus yang ada dalam kontrak mereka akan memenuhi syarat untuk mendapatkan lebih banyak uang dalam pembayaran bonus. Selain membantu karyawan secara perorangan, Facebook juga membantu pemilik usaha kecil yang terkena dampak virus corona melalui program baru senilai 100 juta dolar AS.