Rabu 12 Aug 2020 00:40 WIB

Ilmuwan Temukan Fakta-Fakta Baru Planet Kerdil Ceres

Ceres adalah objek terbesar di bagian sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Permukaan Planet kerdil Ceres.
Foto: nasa
Permukaan Planet kerdil Ceres.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Planet kerdil Ceres, objek terbesar di bagian sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter, adalah dunia samudra dengan reservoir besar air asin di bawah permukaannya yang dingin. Sejumlah ilmuwan menemukan ini dalam studi terbaru.

Penelitian yang didasarkan data dari pesawat ruang angkasa milik NASA, Dawn yang terbang sedekat 22 mil (35 kilometer) dari permukaan pada Ceres pada 2018 ini memberikan pemahaman baru tentang objek. Termasuk bukti yang menunjukkan bahwa planet kerdil tetap aktif secara geologis dengan cryovolcanism, gunung berapi yang mengeluarkan bahan es.

Baca Juga

Penemuan mengkonfirmasi keberadaan reservoir bawah permukaan air asin, air yang diperkaya garam, serta sisa-sisa lautan di bawah permukaan yang luas yang secara bertahap membeku. Ini mengangkat Ceres ke status 'dunia samudra', mengingat bahwa kategori ini tidak mengharuskan samudra menjadi global.

“Dalam kasus Ceres, kami tahu bahwa reservoir cair berskala regional tetapi kami tidak dapat memastikan bahwa itu global. Namun, yang paling penting adalah ada cairan dalam skala besar,” ujar ilmuwan planet dan peneliti utama Dawn, Carol Raymond.