Selasa 15 Dec 2020 01:53 WIB

Ilmuwan Temukan Gen Penyebab Covid-19 Semakin Parah

Ilmuwan menemukan ada 5 gen yang mempengaruhi pasien covid-19 menjadi parah.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peneliti dari The Roslin Institute di University of Edinburgh merilis studi terkait virus Covid-19. Mereka menjelaskan ada beberapa hal yang membuat virus Covid-19 semakin parah setiap harinya.

Salah satunya dari  ketidakseimbangan genetik dan imunitas di dalam tubuh manusia. Ketidakseimbangan genetik terkait interferon dapat meningkatkan risiko komplikasi pada pasien muda yang diperkirakan terkena Covid-19.

Baca Juga

Interferon adalah protein yang merupakan bagian dari respons imun langsung setelah infeksi patogen. Para peneliti mempelajari DNA 2.700 pasien yang terkena Covid-19 di Inggris. Mereka menemukan lima masalah genetik yang dapat mengarah pada versi penyakit yang lebih berbahaya.  

Penemuan ini dapat mengarah pada protokol pengobatan baru karena dokter menggunakan kembali obat-obatan yang tersedia saat ini untuk menangani masalah genetik khusus ini. Peneliti dari konsorsium GenOMICC membandingkan informasi genetik dari 2.700 pasien ICU dengan sampel dari sukarelawan sehat dari penelitian lain.