REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform pesan instan WhatsApp selama beberapa tahun belakangan ini memiliki aplikasi khusus WhatsApp Business untuk para pemilik toko. Melalui WhatsApp Business, konsumen bisa bertanya-tanya seputar produk yang dijual. Konsumen juga bisa memesan langsung tanpa harus keluar dari aplikasi WhatsApp mereka.
Awal Desember ini, WhatsApp Business meluncurkan fitur baru Keranjag Belanja agar konsumen tidak perlu lagi mengetik satu per satu produk yang ingin mereka pesan. Pengguna bisa mengklik gambar yang ada di fitur Katalog.
Untuk berbelanja, misalnya berbelanja hadiah lewat WhatsApp Business, pengguna perlu menemukan nomor ponsel toko yang terintegrasi dengan WhatsApp atau memindai kode QR toko yang diinginkan.
Konsumen tidak harus memasang aplikasi WhatsApp Business untuk berinteraksi dengan toko lokal. Mereka bisa menggunakan aplikasi WhatsApp yang digunakan sehari-hari.
Setelah menemukan akun toko yang dicari, konsumen bisa mengirim pesan ke toko tersebut atau langsung berbelanja. Klik ikon toko di kanan atas layar atau ketuk profil toko untuk melihat Katalog produk yang dijual.
Klik "add to cart" atau "tambahkan ke keranjang" produk-produk yang diinginkan, setelah selesai kirim pesan ke toko tersebut.
Toko online di WhatsApp Business umumnya menggunakan fitur pesan otomatis, pengguna akan mendapatkan balasan otomatis ketika pertama kali menghubungi toko tersebut. Setelah itu, konsumen bisa mengikuti petunjuk dari toko untuk memproses transaksi.