Jumat 01 Jan 2021 06:45 WIB

Temuan-Temuan Menarik tentang Alien di Tahun 2020

Astronom terus berupaya mencari tanda-tanda kehidupan selain Bumi.

Rep: Idealisa Masyrafina/Noer Qomariah R/Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Aliens/ilustrasi

Ilmuwan sebut mungkin ada 36 peradaban alien di alam semesta

Ilmuwan menggunakan persamaan Drake untuk menghitung kemungkinan peradaban di alam semesta. Dilansir di Popular Mechanics, Selasa (16/6) disebutkan ada tujuh variabel kunci Drake. Variabel itu salah satunya berkisar dari berapa banyak planet yang dapat dihuni yang ada di galaksi hingga jumlah waktu di mana kehidupan terestrial  terbentuk.

Sepasang peneliti dari Universitas Nottingham di Inggris mempersempit perkiraan itu menjadi hanya 36 peradaban ekstraterestrial. Keduanya bekerja di bawah asumsi bahwa dibutuhkan waktu yang sama bagi kehidupan untuk berevolusi dalam jangkauan jauh dari galaksi.

"Seharusnya setidaknya ada beberapa puluh peradaban aktif di galaksi kita dengan asumsi bahwa dibutuhkan 5 miliar tahun bagi kehidupan untuk terbentuk di planet lain, seperti di Bumi," ujar astrofisikawan Christopher Conselice.

Menurut perhitungan para ilmuwan untuk skenario kuat, harus ada antara empat dan 211 peradaban kompleks yang memiliki kemampuan untuk mengirim sinyal ke alam semesta, dengan 36 yang paling mungkin.

Yang paling dekat dari peradaban kompleks ini seharusnya berada sekitar 17 ribu tahun cahaya dari Bumi, mengorbit bintang katai tipe M bermassa rendah.

Tapi ini bukan pertanda baik bagi peluang manusia Bumi untuk terhubung dengan makhluk luar angkasa yang jauh.  Berkomunikasi jarak ini tidak mungkin dilakukan dengan teknologi saat ini. Ide ini dipublikasikan dalam The Astrophysical Journal pada 15 Juni.

Beberapa peneliti pun skeptis terhadap riset ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement