Jumat 01 Jan 2021 06:45 WIB

Temuan-Temuan Menarik tentang Alien di Tahun 2020

Astronom terus berupaya mencari tanda-tanda kehidupan selain Bumi.

Rep: Idealisa Masyrafina/Noer Qomariah R/Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Aliens/ilustrasi

Alien mungkin melihat Bumi

Para astronomer sedang fokus untuk jelajahi alam semesta untuk mencari planet yang berpotensi dihuni yang terletak di luar tata surya. Tetapi bagaimana jika ide ini dibalik. Apakah ada eksoplanet apa di luar sana yang mungkin melihat Bumi untuk mencari tanda-tanda kehidupan?

Itulah premis di balik makalah baru yang diterbitkan di

the Monthly Notices Royal Astronomical Society pada pertengahan Oktober. "Bintang mana yang dapat melihat Bumi sebagai planet ekstrasurya yang transit?" begitu pertanyaan Lisa Kaltenegger dari Cornell University dan Joshua Pepper dari Lehigh University adalah rekan penulis studi ini.

Para astronom mengidentifikasi 1.004 bintang urutan utama (mirip dengan matahari kita) yang mungkin berisi planet mirip Bumi di zona layak huni mereka sendiri.

"Semuanya dalam jarak sekitar 300 tahun cahaya dari Bumi dan yang seharusnya dapat mendeteksi jejak kimiawi Bumi kehidupan," kata Cornell dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari Cnet, Kamis (22/10).

Planet-planet dalam sistem ini dapat memiliki garis pandang yang bagus ke Bumi. Jika pengamat di luar sana mencari, mereka akan dapat melihat tanda-tanda biosfer di atmosfer Bumi. Para peneliti membuat daftar dari data dan pengamatan yang dilakukan oleh Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) pemburu planet NASA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement