REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI--Kekurangan chip otomotif China dapat bertahan selama satu dekade. Namun, menurut pejabat yang mengawasi perkembangan teknologi tersebut, hal ini tidak ada hubungannya dengan gangguan pasokan saat ini yang mengganggu produksi.
Manajer umum Pusat Inovasi Teknologi Kendaraan Energi Baru Nasional, Yuan Chengyin mengatakan faktor jangka pendek seperti kesalahan dalam pemesanan karena perkiraan yang salah dan gangguan pabrik karena Covid-19 akan sembuh secara alami.
Sebaliknya, meningkatnya permintaan China untuk mobil listrik, kurangnya pengetahuan teknis dalam negeri dan ketegangan geopolitik yang berkelanjutan akan menimbulkan masalah yang jauh lebih serius."Industri chip China berada di bawah tekanan luar biasa. Saya rasa masalah ini tidak bisa diselesaikan dalam semalam."kata Yuan dilansir di Bloomberg, Rabu (20/1).
Industri otomotif di seluruh dunia telah terpukul dalam beberapa pekan terakhir oleh kekurangan semikonduktor global yang memburuk yang menyebabkan pemotongan produksi dan PHK staf. Wakil sekretaris jenderal Asosiasi Produsen Mobil China mengatakan pekan lalu kekurangan chip bisa berdampak besar pada industri mobil China mulai akhir Desember dan mungkin berlanjut hingga kuartal kedua.
Masalah yang dilihat Yuan lebih sistemik. Rantai pasokan negara akan terus rentan terhadap kekuatan global sampai perusahaan China membangun kemampuan manufaktur mereka sendiri dan membuat semikonduktor yang digunakan dalam kendaraan listrik itu sendiri."Itu adalah tantangan besar,” kata Yuan, yang juga berada di belakang badan industri chip mobil pertama yang didukung pemerintah di negara itu, Aliansi Strategis Inovasi Industri Chip Otomotif China. "Jika kita tidak mengatasinya, industri otomotif dapat kembali ke kondisi semula puluhan tahun lalu dalam hal daya saing." tambahnya.
China adalah pasar otomotif terbesar dunia, dengan pengiriman grosir sebanyak 25,3 juta unit pada tahun 2020. Penjualan kendaraan diperkirakan meningkat tahun ini untuk pertama kalinya sejak 2017, mencapai sekitar 27,2 juta unit.
Permintaan kendaraan listrik yang ditawarkan perusahaan seperti Tesla Inc. dan Nio Inc. akan membantu mendorong pertumbuhan.Terlepas dari ukurannya, China mengimpor sebagian besar chip yang digunakan dalam produksi mobil. Meningkatkan skala tidak akan mudah. Ada lebih dari 100 jenis chip berbeda yang digunakan di dalam mobil, membantu mengontrol segalanya mulai dari kemudi hingga komunikasi, penyesuaian kecepatan, dan transmisi daya.
Dan semikonduktor untuk mobil versus yang ada di iPhone atau laptop harus lebih kuat, mampu menahan kisaran suhu dan kekuatan yang jauh lebih besar. Mobil juga memiliki masa hidup yang lebih lama daripada barang elektronik konsumen, sehingga chip harus sangat tahan lama, serta terjangkau, mengingat semua produsen mobil bergulat dengan margin keuntungan yang menyusut.
Selain itu, chip yang digunakan dalam mobil bisa memakan waktu hingga lima tahun untuk dikembangkan. Menurut kepala Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Xiao Yaqing, perusahaan China perlu meningkatkan daya saing mereka dalam rantai pasokan dan mempercepat pengembangan chip dan sistem operasi.