Selasa 22 Jun 2021 00:48 WIB

Sakit Kepala Hebat, Tanda Pembekuan Darah Terkait Vaksin AZ

Pembekuan darah pada penerima vaksin AstraZeneca umumnya ditandai sakit kepala hebat.

Red: Reiny Dwinanda
Seorang pekerja medis mempersiapkan suntikan vaksin Covid-19 AstraZeneca untuk pekerja ritel di sebuah stadion di Jakarta, Selasa, (15/6). Gejala pembekuan darah yang identik dengan pengaruh vaksin AstraZeneca di antaranya sakit kepala yang hebat, kadang disertai dengan gangguan penglihatan, mual, muntah dan gangguan berbicara.
Foto:

Jika terdapat gejala-gejala demikian, segera dapatkan bantuan medis. Di Eropa, reaksi umumnya terjadi tiga hingga 14 hari setelah vaksinasi.

Gejala-gejala semacam sakit kepala yang hebat dan tidak tertahankan juga sempat dialami oleh salah satu penerima AstraZeneca di Buaran, Jakarta Timur, bernama Trio Firdaus. Menurut Prof Zullies, kemungkinan memang warga tersebut mengalami pembekuan darah.

"Namun demikian, hal ini masih perlu dipastikan, karena kejadiannya sangat cepat," katanya.

Menurut Prof Zullies, yang perlu dipahami adalah bahwa dari ribuan penduduk yang menerima vaksin AstraZeneca di Indonesia, hanya satu orang yang dilaporkan meninggal dengan dugaan tersebut. Ia mengatakan, kejadian itu lebih dipengaruhi oleh reaksi individual subjek dibandingkan dengan kualitas vaksinnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement