Kamis 07 Mar 2024 12:07 WIB

Kasus Covid-19 Sudah Sangat Landai, Apa Perlunya Vaksin Booster Lanjutan?

Vaksin booster lanjutan sangat dianjurkan untuk beberapa kelompok masyarakat.

Red: Reiny Dwinanda
Vaksin Covid-19. Vaksinasi terbukti efektif dalam mencegah penularan dan beratnya penyakit akibat Covid-19 serta komplikasinya, termasuk kematian.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Vaksin Covid-19. Vaksinasi terbukti efektif dalam mencegah penularan dan beratnya penyakit akibat Covid-19 serta komplikasinya, termasuk kematian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus Covid-19 memang sudah sangat landai. Terlepas dari itu, vaksinasi lanjutan masih penting guna mencegah komplikasi kematian akibat penularan Covid-19.

"Yang jadi masalah virus ini tetap berusaha menginfeksi kita. Kalau kita vaksin, (lalu antibodinya) habis, makanya dia bermutasi berubah-ubah. Dulu ada tipe Wuhan, sekarang sampai Omicron, semua ini dalam upaya semua bisa menghindari diri dari kekebalan tubuh kita," kata Penasihat Satgas Imunisasi Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) Prof. Dr. dr Samsuridjal Djauzi, Sp.PD-KAI, FINASIM, dalam diskusi media di Jakarta, Rabu (6/3/2024).

Baca Juga

Profesor Samsuridjal mengingatkan vaksinasi terbukti efektif dalam mencegah penularan dan beratnya penyakit akibat Covid-19 serta komplikasinya, termasuk kematian. Beberapa komplikasi yang dapat terjadi pada penderita Covid-19 antara lain ialah pneumonia, Sindrom Pernapasan Akut Berat (ARDS), sepsis, gagal ginjal, gangguan kardiovaskular, gangguan neurologis hingga gangguan mental.

"Beberapa penderita Covid-19 juga mengalami komplikasi lain, seperti trombosis, kerusakan hati, dan masalah pernapasan kronis," ujar Prof Samsuridjal.

Selain itu, terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Covid-19 dapat memicu reaksi autoimun pada beberapa individu. Penderitanya mengalami sindrom kelelahan kronis, arthritis reaktif, hingga gangguan neurologis autoimun.

Lalu, terdapat kasus yang melaporkan adanya peningkatan kadar antibodi yang menyerang jaringan tubuh sendiri setelah terinfeksi Covid-19. Hal itu menunjukkan bahwa virus tersebut dapat memicu respons autoimun pada beberapa individu.

"Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami hubungan antara Covid-19 dan reaksi autoimun dengan lebih baik. Jika Anda mengalami gejala autoimun setelah pulih dari Covid-19, segera berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan pengelolaan yang tepat," ujar Prof Samsuridjal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement