Selasa 26 Oct 2021 11:13 WIB

Tanda-Tanda Pria Mengalami Kanker Prostat

Bintang serial "Friends", James Michael Tyler, meninggal dunia akibat kanker prostat.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Kanker prostat (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Kanker prostat (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang serial “Friends”, James Michael Tyler, meninggal dunia pada 24 Oktober 2021 setelah berjuang melawan kanker prostat. Aktor berusia 59 tahun itu memerankan manajer Central Perk, Gunther, selama 10 musim di acara hit itu.

Tyler mengumumkan pertama kali didiagnosis dengan penyakit itu pada tiga tahun lalu, selama pemeriksaan fisik rutin pada usia 56 tahun. “Pada September 2018, saya didiagnosa menderita kanker prostat stadium lanjut, yang telah menyebar ke tulang saya," kata dia dalam acara NBC “Today Show”, sewaktu masih hidup.

Penyakitnya diobati dengan terapi hormon, tetapi mulai "bermutasi" selama pandemi, mengakibatkan tumor menyebar di tulang belakang hingga membuatnya tidak bisa berjalan. "Tentu saja, ini stadium 4. Kanker stadium akhir. Jadi pada akhirnya, Anda tahu, (kondisi) itu mungkin akan menyerang saya," ujarnya.

Tyler juga menunjukkan bahwa deteksi dini bisa menyelamatkan hidupnya. Dia menyesal tidak mendengarkan istrinya. Dia juga mendesak pemirsa untuk meminta dokter mereka melakukan tes PSA (prostate-specific antigen) lain untuk pemeriksaan. Dia menambahkan bahwa deteksi diri dapat mengobati 99 persen penyakit itu.