Kamis 04 Nov 2021 04:30 WIB

Ramai Perusahaan Teknologi Asing Cabut dari China

Yahoo mundur, LinkedIn mundur, Fortnite matikan server di China.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Yahoo
Foto:

Apa Hambatan Lain yang Dihadapi Perusahaan Teknologi Asing di China?

China mengoperasikan Great Firewall yang menggunakan hukum dan teknologi untuk menegakkan sensor. Konten dan kata kunci yang dianggap sensitif secara politik atau tidak pantas harus dihapus dari internet.

Perusahaan harus mengawasi platform mereka sendiri, menghapus posting, dan membuat kata kunci sensitif tidak dapat ditelusuri. Jaringan media sosial Barat seperti Facebook dan Twitter telah lama diblokir oleh Great Firewall dan umumnya tidak dapat diakses oleh orang-orang di daratan China.

“China telah menerapkan kebijakan yang sangat kejam yang mengatur operator internet, memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan dan terutama apa yang tidak boleh dilakukan,” kata Francis Lun, CEO GEO Securities Limited di Hong Kong.

“Saya pikir pertanyaannya adalah mengapa repot-repot (beroperasi sebagai perusahaan asing di China) dengan pengembalian yang terbatas, dan tanggung jawab yang begitu berat,” katanya.

Michael Norris, seorang manajer strategi penelitian di konsultan AgencyChina yang berbasis di Shanghai mengatakan biaya kepatuhan akan meningkat lebih lanjut.

“Keluarnya Fortnite sangat merusak, karena ini menunjukkan bahkan kemitraan yang erat dan investasi dengan Tencent tidak cukup untuk membuat kasus bisnis berjalan,” ujar Norris.

Baca juga : Mengapa Biaya Transfer Online Belum Gratis?

Perusahaan teknologi asing yang beroperasi di China juga menghadapi tekanan dari pasar dalam negeri mereka. Beberapa anggota parlemen AS mengkritik sensor LinkedIn terhadap profil jurnalis AS di China. Pada 2007, Yahoo Inc. dikecam karena menyerahkan informasi tentang pembangkang China kepada pemerintah China yang akhirnya menyebabkan mereka di penjara.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement