Senin 13 Dec 2021 16:45 WIB

Anak Astronaut Pertama AS Pergi ke Luar Angkasa Bersama Blue Origin

Laura Shepard ke luar angkasa, 60 tahun sejak penerbangan ayahnya Alan Shepard.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
 FILE - Peluncuran roket New Shepard Blue Origin. Enam orang terbang dalam penerbangan Blue Origin, termasuk putri mendiang astronot pertama AS Alan Sephard.
Foto: AP/Tony Gutierrez
FILE - Peluncuran roket New Shepard Blue Origin. Enam orang terbang dalam penerbangan Blue Origin, termasuk putri mendiang astronot pertama AS Alan Sephard.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Putri astronot Amerika Serikat (AS) pertama Alan Shepard yaitu Laura Shepard Churchley (74 tahun) telah terbang ke luar angkasa. Dia terbang ke luar angkasa, sekitar 60 tahun setelah penerbangan sang mendiang ayah. 

Shepard Churchley menjadi salah satu dari enam orang yang melakukan perjalanan dengan pesawat  ruang angkasa komersial yang diluncurkan oleh perusahaan ruang angkasa Blue Origin milik Jeff Bezos.

Baca Juga

Para penumpang secara singkat dapat mengalami gravitasi nol di penerbangan sub-orbital. Penerbangan tersebut adalah yang ketiga diluncurkan oleh Blue Origin pada 2021 karena berupaya untuk menangkap pasar pariwisata luar angkasa.

 

Alan Shepard yang meninggal dunia pada 1998 lalu menjadi orang pertama di luar angkasa setelah penerbangan Mercury-nya lepas landas dari Cape Canaveral Florida pada 5 Mei 1961. Mantan bintang NFL dan pembawa acara Good Morning America Michael Strahan juga ikut dalam penerbangan Sabtu (11/12). Selain itu, ada empat pelanggan lain yang membayar untuk penerbangan ini.

 

Ini menandai pertama kalinya Blue Origin mengisi enam kursi  di rolet New Shepard nya yang dinamai menurut menurut nama astronot. Setelah tertunda selama dua hari akibat angin kencang, penerbangan akhirnya terbang dari fasilitas peluncuran perusahaan di dekat kota pedesaan Van Horn, Texas, Amerika Serikat (AS).

 

Penerbangan tersebut mengikuti jalur yang sama dengan roket sebelumnya yang diluncurkan oleh perusahaan, sebelum mendarat di gurun Texas, dimana para turis disambut oleh Bezos.

 

Berlangsung lebih dari 10 menit dan mencapai ketinggian sekitar 62 mil (100 kilometer). Ketinggian ini 116 mil lebih pendek dari penerbangan perdana Alan Shepard.

 

laura membawa beberapa kenang-kenangan dari perjalanan Alan Shepard ke permukaan bulan dengan Apollo 14 di 1971. "Saya berpikir tentang Daddy yang mendarat dan berpikir astaga, bahkan dia tidak bisa menikmati apa yang saya nikmati. Dia sedang bekerja, dia harus melakukannya sendiri," ujar Shepard Churchley seperti dikutip dari laman BBC, Senin (13/12).

 

Bulan lalu, Pangeran William mengkritik perusahaan pariwisata luar angkasa seperti Blue Origin memperingatkan bahwa aktivitas mereka meningkatjan 'kecemasan iklim' di kalangan generasi muda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement