Rabu 22 Dec 2021 18:25 WIB

Pakar India Sebut Pasien Omicron tidak Bergejala Hingga Gejala Ringan

Pasien Omicron di India hanya diberikan penobatan simtomatik.

Red: Nora Azizah
Pasien Omicron di India hanya diberikan penobatan simtomatik (Foto: warga India menjalani tes Covid-19)
Foto:

Sementara itu, Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bekasi Timur, dr Muhammad Irhamsyah, SpPK, MKes, mengatakan, Berdasarkan temuan terbatas pada sejumlah pasien Omicron, gejala yang umum terjadi, termasuk kelelahan, kehabisan tenaga, nyeri otot di sekujur tubuh, sakit kepala, dan sakit tenggorokan. Gejala lain yang kurang umum meliputi sesak napas serta kehilangan kemampuan mengecap. 

“Karakteristik gejala Covid 19 Omicron mirip gejala infeksi virus influenza. Kemunculan gejala dipengaruhi kondisi kesehatan pasien secara umum, juga level kekebalan tubuh dan kemampuannya untuk melawan virus," ujarnya.

Gejala yang dirasakan pasien bergantung pada status vaksinasi, usia, komorbiditas, dan riwayat infeksi penyakit sebelumnya. Berdasarkan riset, gejala pada orang yang belum divaksin lebih berat ketimbang yang sudah divaksin dalam dosis lengkap.

 

"Jangan tunggu gejala jadi berat, segera cari bantuan medis bila merasakan demam tinggi diikuti batuk dan sesak napas. Kenakan masker dengan baik dan benar untuk mencegah penyebaran virus di fasilitas kesehatan," sarannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement