Rabu 29 Dec 2021 03:18 WIB

Kebiasaan dengan Telepon yang Harus Dihindari Saat Usia di Atas 65

Saat usia 65 tahun ke atas, jangan pernah berlari untuk menjawab telepon.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Qommarria Rostanti
Kebiasaan dengan telepon yang harus dihindari saat berusia 65 tahun ke atas (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Kebiasaan dengan telepon yang harus dihindari saat berusia 65 tahun ke atas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, makin banyak hal yang bisa berubah untuk para kelompok lanjut usia (lansia). Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS), populasi orang dewasa AS terjadi peningkatan umur harapan hidup masyarakat di usia lanjut.

Namun, masalah kesehatan di usia lanjut masih menjadi permasalahan terutama, prevalensi penyakit kronis. Sebagian besar permasalahan kesehatan yang dihadapi seiring bertambahnya usia bisa menjadi akibat langsung dari kebiasaan sehari-hari.

Saat sudah memasuki usia 65 tahun ke atas, jangan pernah berlari untuk menjawab telepon. "Karena, terburu-buru menjawab telepon bisa sangat berbahaya bagi siapa saja, tetapi terutama mereka yang berusia 65 tahun atau lebih," kata pakar senior  di QuickQuote (sebuah perusahaan asuransi jiwa di AS), Dorothea Hudson, dikutip dari Best Life Online pada Selasa (28/12).

Menurut Hudson, para lansia sering kali mencoba untuk mendapatkan telepon mereka untuk menjawabnya sebelum berhenti berdering. Hal ini menjadi salah satu alasan paling umum akhirnya para lansia terjatuh di dalam rumah.