Ahad 09 Jan 2022 00:20 WIB

Sengaja Tertular Omicron Biar Dapat 'Vaksin Alami', Ahli: Gagasan Berbahaya!

Orang mengira tak masalah tertular omicron karena gejalanya ringan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi varian omicron dari virus penyebab Covid-19. Membiarkan diri tertular SARS-CoV-2 untuk mendapatkan vaksin alami bukanlah ide yang aman.
Foto:

Sebagai dokter spesialis paru, Direktur Rumah Sakit Fortis Escorts Ravi Shekhar mengatakan, meskipun infeksi alami memang dapat memberikan kekebalan terhadap infeksi virus. Hal itu juga bisa terjadi dengan infeksi SARS-CoV-2.

"Tetapi gagasan itu tidak sepenuhnya benar karena keterbatasan utama dari gagasan ini adalah potensi mutasi besar yang kita lihat dengan virus ini," kata dr Shekhar.

Sementara itu, seorang dokter perawatan intensif, dr Harish Mallapura Maheshwarappa, mengatakan, infeksi SARS-CoV-2 dapat menyebabkan imunogenisitas yang cukup dalam tubuh untuk menghasilkan antibodi. Akan tetapi, pertanyaannya adalah apakah antibodi ini cukup efisien untuk memberikan perlindungan alami terhadap varian lain dari Covid.

"Masih butuh penelitian lebih lanjut terkait hal ini," tuturnya.

Dr Namita Jaggi dari Artemis Hospitals mengatakan, terlalu dini untuk menyebut omicron akan bertindak sebagai "vaksin alami". Ia menyebut, pandemi secara tradisional memang mereda dengan hadirnya varian yang lebih ringan, dan lebih ringan, sampai akhirnya sirna.

"Munculnya omicron bukan penyebab kekhawatiran, kita harus optimistis berharap ini mungkin bergerak menuju akhir pandemi," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement