Selasa 18 Jan 2022 20:10 WIB

Ini Penyebab Jerawat Muncul di Badan

Jerawat tidak hanya terbatas pada wajah, tapi juga bisa muncul di badan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Penyebab jerawat tak hanya muncul di wajah, tapi juga di badan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Penyebab jerawat tak hanya muncul di wajah, tapi juga di badan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jerawat menjadi salah satu masalah kulit paling umum yang dihadapi banyak orang. Jerawat dapat terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Jerawat tidak hanya terbatas pada wajah. Terkadang, bisa juga terjadi pada area tubuh lainnya, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan. Bahkan jika itu akut, bisa menimbulkan nyeri. Bagi yang kerap memiliki jerawat di tubuh, penting untuk memahami penyebab di baliknya agar tidak timbul kembali.

Baca Juga

Pelatih kebugaran selebritas, Yasmin Karachiwala, membagikan video di akun Instagram-nya tentang jerawat tubuh, daftar penyebab, dan anjuran perawatannya. Pelatih yang juga menangani figur publik di India seperti Katrina Kaif, Vaani Kapoor, dan Sophie Choudry, itu mengutip ketidakseimbangan genetik, hormonal, pijat minyak, keringat selama olahraga atau panas, suplemen protein, dan steroid anabolik sebagai beberapa penyebab jerawat tubuh.

Dokter kulit dan pendiri Dadu Medical Center di Delhi, mengatakan, jerawat tubuh disebabkan oleh faktor yang sama. Hal itu memicu jerawat wajah, seperti kelenjar minyak yang terlalu aktif, sel kulit mati yang berlebihan, dan proliferasi bakteri penyebab jerawat.