Kamis 20 Jan 2022 22:11 WIB

Minuman Ini Dapat Kurangi Risiko Kematian Akibat Kanker

Kandungan antioksidan di dalam kopi dapat menawarkan perlindungan terhadap kanker.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Kopi tanpa gula (Ilustrasi). minum kopi dapat menawarkan perlindungan terhadap kanker berkat aktivitas antioksidannya.
Foto:

Kopi diseduh dari biji yang mengandung antioksidan yang terkenal karena efek perlindungannya terhadap kanker dan penyakit lainnya. Namun, terlepas dari aktivitas antioksidannya yang kuat, terlalu banyak minum kopi dapat memiliki efek samping yang merugikan pada tekanan darah.

Menurut NHS, efek samping ini dapat terjadi setelah minum empat cangkir kopi dengan kafein. Terlebih lagi, biji kopi panggang mengandung sedikit bahan kimia akrilamida yang bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi.

Kanker mulut memiliki tingkat kelangsungan hidup sekitar 81 persen jika didiagnosis pada tahap awal. Banyak kasus penyakit, bagaimanapun, ditemukan pada tahap lanjut atau saat penyakit ini lebih sulit untuk diobati lagi.

Menurut NHS, gejala kondisi ini bisa termasuk sariawan yang menyakitkan dan tidak sembuh dalam beberapa pekan. Badan kesehatan itu menambahkan benjolan yang terus-menerus di mulut atau leher yang tidak kunjung hilang juga bisa menjadi indikasi kanker. Menurut Share Care, kanker mulut memiliki tingkat kematian sekitar 45 persen pada lima tahun diagnosis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement