Sabtu 05 Feb 2022 07:05 WIB

Sudah Divaksinasi Lalu Kena Omicron, Bisakah Dianggap Seperti Dapat Vaksin Booster?

Orang-orang yang sudah mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19 ada yang kena omicron.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi varian omicron dari virus penyebab Covid-19. Masyarakat yang sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19 diingatkan agar jangan secara sengaja membuat dirinya terpapar omicron demi mendapatkan vaksin booster alami.
Foto:

Sistem kekebalan belajar membuat antibodi dan sel T yang mengenali lonjakan protein. Tetapi, pada infeksi, sistem kekebalan tubuh terkena virus secara keseluruhan.

Dalam hal ini, sistem kekebalan juga membuat sel-T yang mengenali sisa virus, bukan hanya lonjakan proteinnya. Belum jelas bagaimana respons sel-T mungkin berbeda setelah infeksi terobosan, dibandingkan dengan apa yang terjadi dengan vaksin.

photo
Infografis Gejala Omicron Muncul Setelah 48 Jam - (republika.co.id)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyarankan orang-orang untuk menunggu berberapa pekan setelah terinfeksi sebelum mendapatkan vaksinasi. Hal ini dinilai dapat memberi respons sistem kekebalan untuk menyerap vaksin dan merangsang perlindungan tambahan.

"Jika Anda mendapatkan dosis booster terlalu dini, itu tidak akan membahayakan, tapi Anda mungkin tidak mendapatkan semua manfaatnya," jelas W John Wherry, direktur Institut Imunologi di Fakultas Kedokteran Perelman, Universitas Pennsylvania.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement