Ahad 13 Mar 2022 15:49 WIB

Tanda-Tanda di Mobil yang Sebaiknya tidak Diabaikan, Bisa Jadi Peringatan Bahaya

Mobil membutuhkan perawatan berkala untuk memastikan umur yang lebih panjang.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Tanda peringatan di mobil yang tidak boleh diabaikan. (ilustrasi)
Foto: pixabay
Tanda peringatan di mobil yang tidak boleh diabaikan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sangat penting untuk tidak mengabaikan tanda-tanda peringatan yang diberikan mobil. Jika tidak, Anda mungkin berakhir dengan mobil mogok di antah berantah, atau ada kemungkinan terjadi kecelakaan.

Dilansir di Car and Bike pada Ahad (!3/3/2022), berikut beberapa tanda yang tidak boleh diabaikan dari mobil:

Baca Juga

1. Pergeseran kasar

Selain mesin, transmisi menjadi salah satu bagian terpenting dari mobil. Segala sesuatu yang tidak biasa dalam fungsinya harus ditanggapi dengan serius. 

Itu sebabnya jika Anda mulai mengalami kekasaran saat memindahkan gigi, biasanya ada yang salah dengan cairan transmisi, filter, dan layar. Mobil membutuhkan perawatan berkala untuk memastikan umur yang lebih panjang.

2. Asap berlebihan dari knalpot

Ketika knalpot mulai mengeluarkan banyak asap, ada yang salah dengan mesinnya. Ini bisa disebabkan oleh kebocoran oli atau kerusakan umum pada sistem pembuangan. Ini adalah satu lagi tanda yang tidak bisa Anda abaikan.

3. Periksa lampu mesin

Tanamkan saja dalam pikiran bahwa tanda mesin cek tidak dapat diabaikan. Mungkin ada sesuatu yang kecil atau bisa menjadi sesuatu yang berbahaya. Ingatlah untuk membawa mobil ke bengkel terdekat untuk memeriksa semuanya. Lebih baik lagi, berhenti mengemudikan mobil sepenuhnya dan mintalah petugas servis untuk mengunjungi.

4. Keausan ban tidak merata

Bahaya utama dari ledakan dan ban kempes terkadang dapat dihindari dengan sedikit pengamatan. Keausan ban yang tidak merata terjadi ketika ada ketidakseimbangan dalam distribusi bobot mobil atau ketidaksejajaran ruang.

5. Sabuk melengking

Selain mengganggu, sabuk yang berderit juga merupakan tanda bahaya potensial. Mereka mulai membuat suara ketika ada keausan yang tidak biasa. Karena mereka sangat penting untuk memberi daya pada sistem kelistrikan mobil, tanda ini tidak dapat diabaikan. Terkadang Anda dapat menghentikan mencicit hanya dengan sedikit penyesuaian, tetapi terkadang, penggantian yang lengkap diperlukan.

6. Rem gerinda

Mengemudi dengan rem yang aus adalah hal yang sangat bodoh untuk dilakukan. Bagaimana Anda tahu kapan rem sudah aus? 

Anda akan mengetahuinya saat mulai mendengar suara gerinda atau mencicit saat mengerem. Ini merupakan indikasi bantalan rem perlu diganti karena suara tersebut berasal dari tab logam di belakangnya yang sekarang terbuka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement