Senin 27 May 2024 21:37 WIB

Tanda Aki Mobil Hampir Habis, Perhatikan Ini Agar Kendaraan tak Mati di Jalan

Aki mobil sering kali tidak bertahan lebih dari lima tahun.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Qommarria Rostanti
Mobil (ilustrasi). Ada beberapa tanda peringatan saat aki mobil hampir habis.
Foto: Freepik
Mobil (ilustrasi). Ada beberapa tanda peringatan saat aki mobil hampir habis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Saat berada di jalan raya, masalah yang terjadi pada mobil Anda bisa menjadi pengalaman menakutkan. Salah satunya aki mobil yang mati saat di tengah perjalanan. 

Dilansir Slashgear, Senin (27/5/2024), ketika aki mati saat dalam perjalanan, Anda harus menunggu bantuan. Ini berarti Anda memerlukan aki baru. Tentunya itu memerlukan biaya yang tidak murah. 

Baca Juga

Ada tanda-tanda peringatan saat aki hampir habis, seperti mobil kesulitan untuk berbalik atau terdengar lemah saat Anda hendak menyalakannya. Sering kali Anda bahkan tidak menyadari aki mobil mati di tengah perjalanan. Selama alternator masih berfungsi dengan baik, Anda tidak akan menyadarinya sampai mematikan mobil dan tidak dapat dihidupkan lagi.

Jika itu terjadi pada Anda, sebaiknya nyalakan lampu-lampu hazard dan beri tanda bahwa Anda sedang menepi ke pinggir jalan. Tunggu sebentar lalu coba nyalakan kembali kendaraan. Jika mobil menyala, usahakan pergi ke mekanik secepatnya. Jika tidak menyala, hubungi bantuan pinggir jalan. 

Aki mobil sering kali tidak bertahan lebih dari lima tahun. Jadi, jika aki mobil hampir habis masa pakainya, inilah saat untuk menggantinya dengan yang baru. Namun, ini bukan satu-satunya komponen yang menyediakan muatan listrik ke seluruh powertrain

Alternator mempunyai peranan yang besar pada kendaraan yang sedang berjalan. Setelah mobil hidup dan berjalan, alternator mengambil alih baterai dan menyuplai daya ke sebagian besar komponen-komponen kelistrikan kendaraan. 

Alternator adalah bagian penting dari teka-teki untuk memeriksa apakah mobil Anda tidak dapat dihidupkan. Jadi, jika mobil Anda mogok saat mengemudi, dan Anda curiga itu disebabkan oleh aki, mungkin alternatornya rusak. 

Alternator yang baik dapat menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala sampai Anda mematikan mobil. Jika mobil mogok dan lampu interior mati dan Anda tidak dapat menyalakan lampu hazard, kemungkinan ada masalah pada alternator. Jika hal ini terjadi, hubungi bantuan pinggir jalan dan bawa mobil ke bengkel.

Bagaimana jika Anda mengendarai kendaraan listrik (EV)?

Ada perbedaan besar antara kendaraan internal combustion engines (ICE) dan baterai EV yang habis. Meskipun mungkin ada masalah yang signifikan pada kendaraan ICE jika baterainya mati saat mengemudi, hal ini lebih seperti kehabisan bahan bakar jika terjadi pada EV.

Hal ini tidak mengurangi rasa panik. Untungnya, EV memberikan banyak peringatan dini sebelum baterai kehabisan daya saat mengemudi. 

Ketika sebuah EV kehilangan dayanya, banyak yang akan beralih ke mode berdaya rendah, yang disebut “turtle mode”, yang akan memperlambat kendaraan dan tidak memungkinkan pengemudi untuk melaju melebihi kecepatan tertentu. Jika Anda tidak dapat mencapai stasiun pengisian daya saat kendaraan dalam mode daya rendah, menepilah ke bahu jalan segera setelah kondisi aman, nyalakan lampu-lampu hazard, dan hubungi bantuan pinggir jalan. Anda dapat meminta mereka menarik Anda ke stasiun pengisian terdekat. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement