Senin 27 May 2024 21:37 WIB

Tanda Aki Mobil Hampir Habis, Perhatikan Ini Agar Kendaraan tak Mati di Jalan

Aki mobil sering kali tidak bertahan lebih dari lima tahun.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Qommarria Rostanti
Mobil (ilustrasi). Ada beberapa tanda peringatan saat aki mobil hampir habis.
Foto: Freepik
Mobil (ilustrasi). Ada beberapa tanda peringatan saat aki mobil hampir habis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Saat berada di jalan raya, masalah yang terjadi pada mobil Anda bisa menjadi pengalaman menakutkan. Salah satunya aki mobil yang mati saat di tengah perjalanan. 

Dilansir Slashgear, Senin (27/5/2024), ketika aki mati saat dalam perjalanan, Anda harus menunggu bantuan. Ini berarti Anda memerlukan aki baru. Tentunya itu memerlukan biaya yang tidak murah. 

Baca Juga

Ada tanda-tanda peringatan saat aki hampir habis, seperti mobil kesulitan untuk berbalik atau terdengar lemah saat Anda hendak menyalakannya. Sering kali Anda bahkan tidak menyadari aki mobil mati di tengah perjalanan. Selama alternator masih berfungsi dengan baik, Anda tidak akan menyadarinya sampai mematikan mobil dan tidak dapat dihidupkan lagi.

Jika itu terjadi pada Anda, sebaiknya nyalakan lampu-lampu hazard dan beri tanda bahwa Anda sedang menepi ke pinggir jalan. Tunggu sebentar lalu coba nyalakan kembali kendaraan. Jika mobil menyala, usahakan pergi ke mekanik secepatnya. Jika tidak menyala, hubungi bantuan pinggir jalan.