Jumat 22 Apr 2022 15:50 WIB

Gemar Konsumsi Vitamin C Dosis Tinggi? Waspada Kena Batu Saluran Kemih

Konsumsi vitamin C dosis tinggi tidak disarankan.

Red: Reiny Dwinanda
Suplemen vitamin C (ilustrasi). Kelebihan vitamin C dikeluarkan oleh tubuh sebagai oksalat. Namun, dalam beberapa kasus, oksalat dapat membentuk kristal dan menyebabkan batu ginjal.
Foto:

Untuk menghindari terkena batu di saluran kemih, sebaiknya jaga kondisi Anda tetap terhidrasi. Cukupi kalsium dan kontrol asupan garam.

Minum cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh termasuk ginjal Anda. Rata-rata orang Indonesia disaranakan minum air delapan hingga 12 gelas atau 1,5-2 liter per hari.

"Kalau pasien secara fisiologi misalnya modal jantungnya bagus, ginjalnya bagus, sehat-sehat saja, minum lebih dari tiga liter sebenarnya bagus tetapi rata-rata disarankan sekitar tiga liter. Lebih dari tiga liter biasanya orang akan lebih berlebih cairannya. Tidak ada efek langsung untuk water intoxication, kecuali jumlahnya banyak banget, minum 10 liter sehari," papar Adistra.

Di sisi lain, merujuk pada anjuran Kementerian Kesehatan, asupan garam sebaiknya tak lebih dari satu sendok teh atau lima gram per hari. Konsumsi terlalu banyak garam dapat membuat Anda dehidrasi dan meningkatkan kalsium dalam urine Anda, yang keduanya dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement