Senin 09 May 2022 05:10 WIB

Ahli: Wabah Hepatitis Akut Mungkin Dipicu Anjing atau Parasetamol

UKHSA menduga hepatitis akut ada kaitannya dengan anjing atau parasetamol.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang ayah dan anaknya terpaksa tidur di ranjang yang sama di rumah sakit di Krasnodon, Ukraina, Selasa 24 Juni 2003 akibat wabah hepatitis A. Kini, kasus hepatitis A meningkat di beberapa negara.
Foto:

Apa itu adenovirus?

Adenovirus merupakan virus yang biasanya menyebar lewat kontak dekat atau paparan droplet. Sejauh ini, ada lebih dari 50 jenis adenovirus yang diketahui.

Sebagian besar infeksi adenovirus menyebabkan pilek. Namun, studi awal menemukan, anak-anak yang terkena hepatitis akut juga pernah terinfeksi adenovirus tipe 41.

Infeksi adenovirus tipe 41 diketahui dapat menyebabkan gejala mual, muntah, nyeri perut, dan diare. Anak-anak tersebut mengalami gejala-gejala ini sebelum kemudian menunjukkan tanda hepatitis, seperti sakit kuning.

Sebenarnya, infeksi adenovirus sangat jarang menyebabkan sakit berat. Namun, pada orang berisiko, seperti memiliki sistem imun lemah atau penyakit jantung, infeksi adenovirus bisa mendorong gejala lebih berat. Hepatitis merupakan efek samping yang sangat jarang dari infeksi adenovirus.

Baca juga : Ini Tips Pencegahan Dini Hepatitis Akut

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement