Rabu 08 Jun 2022 13:45 WIB

8 Manfaat Menghabiskan Waktu dengan Alam untuk Kesehatan 

Menghabiskan 2 jam di alam bisa meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Pengunjung menikmati suasana matahari terbenam di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB, Senin (6/6/2022). TWA Gunung Tunak seluas 1.219,97 hektare yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB dan berada di daerah penyangga Destinasi Super Prioritas (DSP) Mandalika tersebut menawarkan berbagai destinasi wisata dalam satu lokasi seperti wisata pantai, lokasi berkemah serta penangkaran kupu-kupu dan rusa.
Foto:

6. Meningkatkan Fungsi Kekebalan Tubuh

Para ahli mengatakan Anda cenderung tidak tertular virus yang menyebabkan Covid-19, belum lagi virus lain, saat berada di luar.  Itu karena sirkulasi udara bisa mencairkan keberadaan virus di udara.  Bahkan, menurut penelitian tahun 2021, peluang penularannya 18,7 kali lebih tinggi di dalam ruangan daripada di luar ruangan.

Menghabiskan waktu di luar ruangan tetap dapat membantu sistem kekebalan tubuh Anda berfungsi secara optimal. Jika Anda menjalani hidup Anda di lingkungan yang benar-benar steril, sistem kekebalan Anda dapat kehilangan kemampuannya untuk mengenali apa yang berbahaya dan tidak.  Ini kemudian dapat memicu peringatan merah untuk mikroorganisme apa pun yang ditemuinya, yang dapat menyebabkan peradangan kronis.

7. Perlindungan dari Rabun Jauh

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan banyak waktu di luar memiliki kemungkinan lebih rendah terkena miopia atau rabun jauh.

Satu studi tahun 2020 melibatkan 10.743 anak-anak antara usia 9 dan 11 di Taipei.  Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar saat istirahat, 22 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan miopia daripada rekan-rekan mereka.

Aktivitas luar ruangan yang teratur di masa kanak-kanak, seperti bermain tangkap, berenang, dan naik eretan mungkin akan menyelamatkan anak Anda dari perjalanan ke dokter mata.  

8. Peningkatan Kesejahteraan Emosional

Waktu di luar ruangan dapat melakukan lebih dari sekadar membantu meredakan emosi yang tidak diinginkan atau menyakitkan seperti ketakutan, kekhawatiran dan kesedihan. Menghabiskan waktu di luar ruangan juga dapat membantu mempromosikan emosi yang ingin Anda rasakan lebih banyak, seperti kebahagiaan, kedamaian dan optimisme.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement