Rabu 27 Jul 2022 05:48 WIB

5 Ruang Publik Kota Bandung untuk Ide Rekreasi

Bandung berbenah soal urusan menata kota dengan menghadirkan beragam ruang publik.

Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah warga menulis di salah satu dinding di area taman Ruang Curhat Curug Tilu usai diresmikan di Jalan Sukamulya, Sukajadi, Kota Bandung, Jumat (1/4/2022). Pemerintah Kota Bandung meresmikan taman Ruang Curhat Curug Tilu yang merupakan ruang terbuka hijau dengan pemandangan air terjun (curug) di tengah kota dan fasilitas dinding yang dapat digunakan warga untuk menuliskan harapan, keluh kesah atau curhat. Foto: Republika/Abdan Syakura
Foto:

Wetland Park Cisurupan

Wetland Park Cisurupan berada di Jalan Cilengkrang 1, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Letaknya yang berjarak sekitar 4 kilometer dari Alun-Alun Ujungberung, merupakan kawasan dengan dataran tinggi di kawasan timur Kota Bandung.

photo
Suasana Wetland Park Cisurupan yang baru diresmikan saat Hari Bhakti PU di Kelurahan Cisurupan Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Jumat (3/12). Wetland Park Cisurupan adalah konsep kolam retensi yang dapat dimanfaatkan menjadi destinasi wisata. - (Edi Yusuf/Republika)

Ruang publik tersebut diproyeksikan merupakan tempat wisata air yang menghadirkan berbagai sudut untuk berfoto dan hadirkan udara sejuk penuh pemandangan hijau.Konsep ruang terbuka hijau dengan suasana pedesaan di Wetland Park Cisurupan itu cocok untuk masyarakat yang ingin melepas penat ketimbang berwisata di pusat kota.

Di lokasi tersebut, terdapat lebih dari 19 kolam retensi, satu septic tank komunal, satu rumah kompos, dan gazebo kreatif multifungsi. Wetland Park Cisurupan juga berfungsi sebagai tempat penampungan air saat musim hujan dan menjadi tempat cadangan air saat musim kemarau.

Kanhay Bike Park

Tak jauh dari Wetland Park Cisurupan, Pemkot Bandung pun memiliki lahan yang kemudian dijadikan sarana olahraga ekstrem yakni trek untuk sepeda gunung. Ruang publik itu yakni Kanhay Bike Park.

photo
Pesepeda bermain disalah satu fasilitas Kanhay Bike Park, di Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Selasa (22/12). Lokasi tersebut tidak hanya untuk kegiatan bersepeda DH (Downhill) , AM (All Mountain), XC (Cross Country) dan DJ (Dirt Jump), juga mempunyai fungsi ekologis. Lahan milik pemkot tersebut ditanami berbagai macam pohon. - (Edi Yusuf/Republika)

Destnasi yang ada sejak 2020 itu berada di Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, atau berjarak sekitar 6 kilometer dari Alun-Alun Ujungberung. 

Pembuatan Kanhay Bike Park itu merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kota Bandung dengan komunitas sepeda. Pada trek Kanhay Bike Park itu lintasan sepedanya dibuat sedemikian rupa ala trek sepeda gunung dengan jalur. Kanhay Bike Park menjadi salah satu destinasi bersepeda yang menyuguhkan pemandangan lanskap Kota Bandung dengan udara sejuk ditambah hamparan hijau pepohonan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement