Senin 01 Aug 2022 12:37 WIB

Berobat Leukemia, Pria Ini Malah Jadi Orang Tertua di Dunia yang Sembuh dari HIV

Pria AS yang juga orang dengan HIV jalani transplantasi sel punca untuk leukemia.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
HIV/AIDS (Ilustrasi). Seorang prua di AS yang menjalani transplantasi sel punca untuk leukemia mengalami remisi dari HIV dan leukemia selama lebih dari setahun.
Foto:

Tim peneliti mengungkapkan bahwa metode pengobatan ini bisa berhasil karena sel punca dari pendonor memiliki mutasi genetik yang spesifik dan langka. Mutasi tersebut membuat sel punca si pendonor tidak memiliki reseptor yang biasanya digunakan HIV untuk menginfeksi sel tubuh.

"(Keberhasilan pada kasus ini) meneruskan harapan dan inspirasi (bagi orang dengan HIV)," jelas presiden terpilih International Aids Society (IAS), Sharon Lewin, seperti dikutip dari Fox News, Senin (1/8/2022).

Meski menjanjikan, ternyata tidak semua pasien HIV bisa menjalani transplantasi sel punca. Hal ini berkaitan dengan risiko-risiko yang mungkin terjadi akibat dari prosedur tersebut.

Tim peneliti dari Spanyol juga berhasil menemukan petunjuk terkait pengobatan yang potensial untuk pasien HIV. Hal ini diketahui setelah seorang pasien perempuan berusia 59 tahun tak lagi menunjukkan muatan virus yang bisa terdeteksi setelah tak lagi menggunakan ART.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement