REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kalangan milenial punya kecenderungan berwisata tertentu. Hal tersebut dicermati oleh online travel agent (OTA) Tiket.com berdasarkan transaksi yang paling banyak terekam dalam aplikasinya.
Public relations senior manager Tiket.com, Sandra Darmosumarto, menyoroti bahwa destinasi wisata domestik saat ini masih jadi primadona bagi kalangan milenial. Itu berkaitan dengan pandemi Covid-19.
Karena pandemi, banyak masyarakat memilih liburan dekat rumah, staycation. Untuk destinasi wisata (secara umum), Bali masih jadi favorit.
"Preferensi juga meningkat di Yogyakarta, Bandung, Labuan Bajo, dan Lombok," kata Sandra.
Menurut Sandra, kaum milenial tidak sekadar berwisata. Mereka juga pelesir untuk memuaskan hobi, misalnya bersepeda di lokasi wisata yang dituju. Wisata healing yang melibatkan aktivitas yoga dan meditasi pun kini diminati.
Hal lain yang disebutkan Sandra adalah meningkatnya popularitas desa wisata di berbagai daerah. Hal itu dipicu oleh wisatawan yang membagikan lokasi yang mereka sambangi lewat media sosial.
Sandra sepakat bahwa perjalanan ke lokasi wisata menarik yang disebarluaskan bisa memberikan inspirasi bagi sekitar. Karena itu, tiket.com turut mendukung program "Jelajah #SerunyaIndonesia" yang digagas TikTok.