Jumat 26 Aug 2022 13:39 WIB

Kena HIV, Covid-19 dan Cacar Monyet Sekaligus, Kok Bisa?

Seorang pria Italia kena cacar monyet, Covid-19, dan HIV secara bersamaan.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan memperlihatkan sampel swab cacar monyet (Ilustrasi). Seorang pria di Italia positif Covid-19, cacar monyet, dan HIV dalam waktu bersamaan.
Foto:

Pada orang dengan HIV, virus bereplikasi dan berkembang biak dalam tubuhnya. Sel T dan CD4 yang merupakan bagian dari sistem imunitas lemah sekali.

"Makanya akhirnya disebut dengan AIDS (acquired immunodeficiency syndrome), satu sindrom yang banyak sekali muncul pada orang dengan sistem imunitas yang buruk," kata Dicky.

Mirisnya, menurut Dicky, masih banyak individu yang tidak menyadari statusnya terkena HIV. Ada juga yang yang sudah mengetahui kondisinya tetapi jarang minum obat atau perilakunya masih buruk.

"Kalau perilaku pasien HIV masih buruk, dan dia enggak tahu status dia positif atau tidak, maka bisa saja terinfeksi penyakit menular seksual, bisa monkeypox, bisa Covid-19," ungkap Dicky.

Dicky pun menganggap temuan kasus pria Italia yang terinfeksi tiga virus sekaligus sebagai sesuatu yang tidak aneh. "Masalahnya, banyak penderita HIV tak tahu statusnya. Sebab dalam tubuh seorang pasien HIV, membuat virus rentan bereplikasi hingga akhirnya terjadi mutasi, sehingga dari tubuh pasien HIV AIDS memunculkan potensi timbulnya varian baru," kata Dicky.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement