Jumat 26 Aug 2022 13:39 WIB

Kena HIV, Covid-19 dan Cacar Monyet Sekaligus, Kok Bisa?

Seorang pria Italia kena cacar monyet, Covid-19, dan HIV secara bersamaan.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas kesehatan memperlihatkan sampel swab cacar monyet (Ilustrasi). Seorang pria di Italia positif Covid-19, cacar monyet, dan HIV dalam waktu bersamaan.
Foto:

Infeksi tiga virus bersamaan

Berdasarkan laporan dalam Journal of Infection, pria Italia tersebut terdiagnosis positif Covid-19 pada 2 Juli 2021 atau tiga hari setelah gejala muncul. Di hari yang sama, pria berusia 36 tahun itu mulai mengalami gejala ruam pada lengan kirinya.

Kemunculan gejala ruam tersebut lalu diikuti dengan kemunculan lenting-lenting kecil yang terasa sakit di kulit. Lenting-lenting tersebut muncul di bagian badan, tungkai bawah, wajah, serta bokong. Beberapa hari setelahnya, lepuhan mulai muncul di badan pria penyuka sesama jenis itu.

Pada 5 Juli 2022, pria tersebut dibawa ke instalasi gawat darurat di San Marco University Hospital, di Catania, Italia. Selanjutnya, pria tersebut ditempatkan di Unit Penyakit Menular. Di unit itulah, sang pria baru diketahui positif terkena cacar monyet.

Dokter lalu melakukan skrining pemeriksaan beberapa infeksi menular seksual pada pria tersebut. Hasil skrining menunjukkan bahwa sang pria positif HIV-1.

"Melihat angka CD4 (tes darah untuk melihat kondisi sistem imun) pria ini, kita bisa berasumsi bahwa infeksi (HIV) tersebut relatif baru," ungkap tim peneliti, seperti dilansir The Sun, Kamis (25/8/2022).

Menurut tim peneliti, sang pria juga sempat menjalani tes HIV pada September 2021. Akan tetapi, tes kala itu menunjukkan hasil negatif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement