Jumat 02 Sep 2022 22:06 WIB

Gejala Karsinoma Sel Basal, Kanker Kulit yang Enam Kali Usik Hugh Jackman

Hugh Jackman sudah enam kali kena kanker kulit.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor Hugh Jackman sudah enam kali kena kanker kulit, yakni karsinoma sel basal.
Foto:

Tanda-tanda awal BCC

- Pertumbuhan kulit baru, berubah atau tidak biasa

- Luka terbuka yang tidak sembuh-sembuh; mungkin berdarah, mengeluarkan cairan, atau kerak

- Bercak kemerahan atau area kulit teriritasi yang mungkin mengeras, gatal, sakit, atau tidak menimbulkan rasa tidak nyaman

- Benjolan atau bintil mengkilap yang berwarna mutiara, bening, merah muda, merah, putih, cokelat, hitam atau coklat

-  Pertumbuhan kecil berwarna merah muda yang sedikit meninggi, tepi bergulung dan lekukan berkerak di tengah yang dapat mengembangkan pembuluh darah permukaan kecil dari waktu ke waktu

- Area seperti bekas luka yang berwarna putih rata, kuning, atau seperti lilin.

"Ikuti naluri Anda dan kunjungi dokter kulit jika Anda melihat sesuatu yang baru, berubah, atau tidak biasa pada kulit Anda," kata para ahli.

Jik sudah memiliki BCC, mereka lebih mungkin mengembangkan yang lain, terutama di area yang sama atau di dekatnya yang rusak akibat sinar matahari. Bahkan, ketika lesi kanker telah diangkat dengan hati-hati, beberapa sel kanker mungkin tetap tidak terdeteksi setelah operasi.

"BCC di hidung, telinga, dan bibir lebih cenderung kambuh, biasanya dalam dua tahun pertama setelah operasi," kata The Skin Cancer Foundation.

Berkat perawatan yang cepat, lesi kanker Jackman tidak merusak penampilannya. Dalam foto baru-baru ini dengan istri tercintanya, Deborra-Lee Furness, Jackman tersenyum saat pasangan itu pergi menonton Serena Williams di US Open.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement