Ahad 02 Oct 2022 16:28 WIB

Berusia Lebih dari 55 Tahun, Perokok di Inggris Harus Jalani Skrining Kanker Paru

Mantan perokok dan perokok aktif dianggap perlu jalani skrining kanker paru.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang pria menunjukkan hasil rontgen parunya. Kanker paru merupakan penyebab kematian terbesar kelima di Inggris.
Foto:

Gejala kanker paru ada banyak dan beberapa di antaranya ialah batuk berkepanjangan, kelelahan, dan kehilangan nafsu makan. Gejala tersebut kerap disalahartikan sebagai gejala virus atau flu biasa.

Gejala lain dari kanker paru meliputi sesak nafas, batuk berdahak yang memiliki bercak darah, sakit atau nyeri di dada atau bahu, kehilangan selera makan, dan penurunan berat badan. Dilaporkan juga bahwa mereka yang menjalani skrining dan masih merokok akan diberikan saran tentang cara berhenti.

Mendiagnosis kanker sejak dini, sebelum menyebar terlalu jauh, sangatlah penting agar pengobatan lebih berhasil. Merokok adalah penyebab kanker terbesar yang dapat dicegah di Inggris, dan di seluruh dunia.

Menurut sebuah studi baru, 61 persen kasus kanker setahun bisa dicegah jika orang berhenti merokok. Dr Walker menyerukan agar layanan berhenti merokok didanai secara memadai oleh pemerintah.

"Ini agar orang yang ingin berhenti dapat terus mendapatkan dukungan yang dibutuhkan setelah berpartisipasi dalam program ini,” jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement