Kamis 17 Nov 2022 12:10 WIB

ICXP Kolaborasi Anggota Baru dari India, Exotel

Era experience economy sekarang dengan cepat mengubah strategi organisasi.

Ketua Umum ICXP Sri Safitri (tengah) bersama Head of International Marketing Exotel Raman M.K (kanan) dan Senior sales manager APAC Exotel Siddhartha Behara.
Foto: Istimewa
Ketua Umum ICXP Sri Safitri (tengah) bersama Head of International Marketing Exotel Raman M.K (kanan) dan Senior sales manager APAC Exotel Siddhartha Behara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia Customer Experience Professionals (ICXP), asosiasi profesional pengalaman kustomer di Indonesia, memperoleh anggota baru dari India, Exotel. Kabar membanggakan ini diperoleh setelah Exotel berinisiatif memperluas dan menjangkau pasar negara berkembang, terutama di kawasan Asia-Pasifik. 

Shivakumar Ganesan, Co-Founder dan CEO, Exotel, mengatakan, langkah ini ditempuh karena Indonesia adalah negara kunci bagi Exotel yakni pasar terbesar kedua perusahaan beroperasi. "Bermitra dengan ICXP merupakan tonggak utama dalam perjalanan Exotel dengan Indonesia, karena memungkinkan peningkatan kolaborasi untuk memajukan manajemen keterlibatan pelanggan di Indonesia,"  katanya dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (16/11/2022). 

Exotel adalah penyedia platform keterlibatan pelanggan atau Customer Engagement Platform (CEP) yang lengkap dan terkemuka. Di pasar, Exotel berkembang dan berfokus layanan virtual operator telekomunikasi dan start up. Didirikan pada tahun 2011, layanan mereka telah melibatkan 50 juta interaksi dari lebih 6.000 perusahaan di India, Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika. 

Saat ini, beberapa perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di pasar negara berkembang menjadi customer mereka. Seperti Ola, Swiggy, Flipkart, GoJek, Byju's, Urban Company, HDFC Bank, Zomato, Oyo, dan lainnya. 

Shivakumar melanjutkan, setelah gabung ICXP, pihaknya berencana berencana mendirikan kantor di Jakarta dalam 1 tahun ke depan. Hal ini perlu karena berbagi ikatan budaya, sejarah, dan perjalanan Indonesia harus terus dilakukan guna meningkatkan skala digital perusahaan secara eksponensial. 

“Apalagi era experience economy sekarang dengan cepat mengubah strategi organisasi karena membuat pengalaman pelanggan berfungsi lebih penting dari sebelumnya. Apalagi, persaingan semua industri makin meningkat. Kami berharap, kerja sama dengan ICXP ini, maka akan mudah bagi kami mempromosikan praktik terbaru dan terbaik dalam manajemen pengalaman pelanggan,” katanya. 

Ketua Umum ICXP Sri Safitri mengatakan, pihaknya bangga dengan keterlibatan anggota baru yang sangat berpengalaman di dunia CX. Hal tersebut akan makin meneguhkan eksistensi sekaligus pengaruah dari asosiasi profesi tersebut. 

“Apalagi ini era kolaborasi, kita tidak bisa unggul, sulit jika sendiri-sendiri. Apa yang bisa diberikan satu sama lainnya, itu yang akan menguatkan para praktisi CX di Tanah Air untuk menjaga pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia,” ujarnya.  

Exotel, kata dia, melengkapi komposisi anggotanya yang sebagian berasal dari industri yang melayani end user. Sementara Exotel dari sisi penyedia layanan akan menciptakan interaksi dan sinergi yang bermanfaat dalam lanskap CX di Tanah Air. 

ICXP sendiri pertama diresmikan 9 September 2021 lalu oleh Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, beranggotakan banyak praktisi CX terkemuka Tanah Air. Selain Ketua Umum Sri Safitri yang memiliki jejak rekam panjang di PT Telkom, juga ada Sekretaris Rudy Dalimunthe sebagai SVP CX Tokopedia serta Bendahara Cut Noosy (Direktur CX Grab Indonesia).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement