Selasa 22 Nov 2022 01:48 WIB

Emil Dardak Ingin Guru Terus Upgrade Skill

Wagub Jatim Emil Dardak menginginkan guru untuk terus meningkatkan skillnya.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menginginkan guru untuk terus meningkatkan skillnya.
Foto: Dokumen
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menginginkan guru untuk terus meningkatkan skillnya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengungkapkan beberapa poin yang menurutnya dapat digunakan untuk mengukur kompetensi seorang guru. Di antaranya tujuan, pengambilan keputusan, menginisiasi tindakan, membangun relasi kerja yang positif, pembinaan, pembelajaran berkelanjutan, ketangguhan, dan kematangan etika.

Emil mengatakan, poin-poin tersebut perlu dikembangkan para guru. Meskipun tidak ada pakem untuk memberikan pembelajaran yang menginspirasi. Selain itu, lanjut Emil, meng-upgrade skill merupakan suatu hal yang mutlak dilakukan oleh semua guru.

Baca Juga

"Zaman sudah berubah, tidak ada pakem untuk menjadi guru yang menginspirasi. Tapi jangan sampai guru 20 tahun yang lalu sama dengan yang sekarang. Makanya upgrading skill untuk guru itu mutlak," kata Emil, Senin (21/11).

Emil melanjutkan, banyak permintaan di lapangan untuk guru mata pelajaran tertentu yang jumlahnya kurang. Ia mencontohkan mata pelajaran rekayasa perangkat lunak atau multimedia. Emil mrlanjutkan, upgrading skill guru juga bisa memfasilitasi relokasi keahlian guru yang sesuai dengan kebutuhan di masyarakat.

Emil mengatakan, untuk dapat mengembangkan kompetensi, seseorang harus dapat mengenali dirinya sendiri. Sebab, kemampuan guru hanya dapat dimaksimalkan dengan gaya pengajaran yang cocok dengan dirinya.

"Saya berani mengatakan tidak ada ada satupun model fix untuk inspiring teaching style. Know yourself. Sebelum menginspirasi ke luar, kenali diri dari dalam," ujarnya.

Selain itu, Emil menekankan pentingnya kolaborasi dalam membangun ruang belajar yang lebih baik. Ia berpesan agar para guru jangan memikul masalah sendiri-sendiri. Ia memcontohkan untuk berdiskusi dengan guru mata pelajaran lain untuk membangun sebuah strategi.

Emil juga mengingatkan para guru untuk bisa menghindari low class energy. Yaitu model pembelajaran yang hanya berlangsung satu arah dan tidak bisa mempertajam berpikir kritis siswa. Pasalnya, terang Emil, ada satu hal yang menjadi standar sekolah-sekolah terbaik dunia yaitu kebiasaan diskusi para peserta didiknya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْتَفْتُوْنَكَۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِى الْكَلٰلَةِ ۗاِنِ امْرُؤٌا هَلَكَ لَيْسَ لَهٗ وَلَدٌ وَّلَهٗٓ اُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَۚ وَهُوَ يَرِثُهَآ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهَا وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَتَا اثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا الثُّلُثٰنِ مِمَّا تَرَكَ ۗوَاِنْ كَانُوْٓا اِخْوَةً رِّجَالًا وَّنِسَاۤءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْاُنْثَيَيْنِۗ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اَنْ تَضِلُّوْا ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu), jika seseorang mati dan dia tidak mempunyai anak tetapi mempunyai saudara perempuan, maka bagiannya (saudara perempuannya itu) seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mewarisi (seluruh harta saudara perempuan), jika dia tidak mempunyai anak. Tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki-laki dan perempuan, maka bagian seorang saudara laki-laki sama dengan bagian dua saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, agar kamu tidak sesat. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

(QS. An-Nisa' ayat 176)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement