Ahad 25 Dec 2022 17:29 WIB

Trik Optimalkan Self-Love bagi Ibu, Menurut Psikolog

Istilah self-love kerap digaungkan agar ibu senantisa kuat menjalani perannya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Muhammad Fakhruddin
Trik Optimalkan Self-Love bagi Ibu, Menurut Psikolog (ilustrasi).
Foto: CORBIS
Trik Optimalkan Self-Love bagi Ibu, Menurut Psikolog (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Hari Ibu yang jatuh setiap 22 Desember umumnya menjadi momen kesadaran akan peran seorang wanita, dalam hal ini ibu. Dalam menjalankan peran tersebut, seorang wanita diyakini kerap menghadapi tantangan tersendiri.

Istilah self-love kerap digaungkan agar ibu senantisa kuat menjalani perannya. Febria Indra Hastati MPsi Psikolog mengatakan, self-love berarti menyayangi dan menghargai diri sendiri. Selain itu juga memperhatikan pemenuhan kebutuhan diri dan mendukung aspek fisik, psikologis dan spiritual diri untuk senantiasa berkembang. Self-love tidak sama dengan egois dan narsis. 

Baca Juga

“Para ibu dapat mengisi self-Love checklist atau daftar periksa, buat tanda centang pada hal-hal yang dilakukan dalam kurun waktu akhir ini, misalnya dalam sebulan terakhir,” kata Febria dalam rilis Mothercare, Ahad (25/12/2022).

Perhatikan, jika masih banyak hal penting dari Daftar Periksa/Checklist itu yang tidak pernah ibu lakukan, artinya kemungkinan kurang memberi perhatian pada diri sendiri. Dengan kata lain, kadar self-love dinilai kurang tinggi, dan bisa membawa dampak negatif. 

Lalu, bagaimana cara memiliki dan meningkatkan self-love? Jawabannya adalah 5K yaitu Kontrol Toxic-Self (Hindari melabeli diri, membandingkan dan lainnya). Lalu Kelola emosi; Kenali kelebihan dan keterbatasan diri; Kembangkan potensi diri; dan Komunikasi ke pasangan dan sekitar. 

“Terakhir, kunci kebahagiaan adalah keseimbangan dalam seluruh aspek kehidupan. Sebagai seorang ibu, kita bisa mencapai kebahagiaan jika unsur dasar sudah terpenuhi yaitu self-love,” katanya menambahkan. 

Di Hari Ibu kali ini, Mothercare Indonesia turut mengedepankan pentingnya mengenali kelebihan dan keterbatasan diri seorang ibu agar dapat merawat keluarga dengan lebih bahagia. Ibu yang bahagia, akan lebih mudah menjalankan seluruh kegiatan setiap harinya.

Ibu juga bisa jauh lebih tenang menghadapi tugasnya, serta merawat anak dan keluarga di rumah dengan tenang. Karenanya, Mothercare mengajak para supermom untuk berolahraga bersama, bertemu satu sama lain agar bisa berbagi kisah. “Selain itu mengajak agar mendengarkan sharing dari ahli yang tepat tentang self-love”, tutur Vasudev Kataria selaku Senior Vice President for Baby, Kids,  & Toy Brands  Kanmo Group. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement