Sabtu 19 Aug 2023 04:32 WIB

Membedah Distopia Teknologi

Ketidakbijaksanaan dalam pemanfaatan teknologi, sejauh ini juga sudah banyak memakan

Red: Joko Sadewo
Kecanduan gadget (ilustrasi). Remaja yang main HP lebih dari tiga jam sehari berisiko mengalami nyeri punggung.
Foto: www.freepik.com
Kecanduan gadget (ilustrasi). Remaja yang main HP lebih dari tiga jam sehari berisiko mengalami nyeri punggung.

Oleh : Setyanavidita Livicakansera, Redaktur Teknologi Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, Teknologi digital telah mengubah cara kita hidup, berinteraksi, dan bekerja secara drastis. Namun, meski banyak manfaat telah diperoleh, ada saja sisi negatif yang muncul akibat penggunaan yang tidak terkendali.

Ketidakbijaksanaan dalam pemanfaatan teknologi, sejauh ini juga sudah banyak memakan korban. Tak terhitung lagi berapa banyak masyarakat yang menjadi korban hoaks, dalam konteks yang lebih luas ada pula aspek demokrasi yang terganggu akibat pemanfaatan media sosial.

Untuk anak-anak di Indonesia saat ini, berdasarkan survei Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI, 2020) terdapat sekitar 71,3 persen anak usia sekolah memiliki gawai dan atau memainkan gawau mereka dalam kurun waktu yang cukup lama dalam sehari. Salah satu dampak negatif yang paling terlihat adalah kecanduan teknologi, terutama perangkat mobile dan media sosial.

Penggunaan berlebihan dan terus-menerus terhadap smartphone atau media sosial, juga dapat mengganggu produktivitas, tidur, dan interaksi sosial nyata. Kecanduan teknologi juga dapat memengaruhi kesejahteraan mental, meningkatkan risiko stres, kecemasan, dan depresi.