Senin 25 Dec 2023 12:30 WIB

Liburan Akhir Tahun di Tengah Cuaca Ekstrem, Ini Tipsnya

Liburan tetap bisa aman dan nyaman di tengah cuaca yang tidak menentu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Liburan bersama keluarga saat cuaca ekstrem (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Liburan bersama keluarga saat cuaca ekstrem (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang Natal dan Tahun Baru, sebagian besar masyarakat sudah merencanakan liburan bersama keluarga, teman atau sahabat, maupun solo traveling. Namun demikian, agar agenda liburan tetap aman dan nyaman, ada hal-hal yang harus diperhatikan sebab dunia kini dihadapkan pada ancaman bencana dan cuaca ekstrem akibat perubahan iklim dan pemanasan global.

Di Indonesia misalnya suhu panas masih terjadi meskipun saat ini sudah masuk musim penghujan. Bahkan sejak April 2023, gelombang panas yang memecahkan rekor di Asia telah mempengaruhi beberapa negara, termasuk India, Cina, Laos, dan Thailand.

Baca Juga

Dilansir dari Follow the Camino, Senin (25/12/2023), berikut adalah beberapa tips agar liburan tetap aman dan nyaman saat cuaca tak menentu.

1. Periksa prakiraan cuaca sebelum pergi

Pastikan Anda selalu memeriksa ramalan cuaca sebelum bepergian, karena sangat penting terutama saat bepergian dalam kondisi cuaca ekstrem. Hal ini juga akan membantu Anda mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan kondisi cuaca yang tidak terduga.

 

2. Berkemaslah dengan tepat

Setelah Anda mengetahui seperti apa cuacanya, sekarang saatnya berkemas. Jika cuaca di lokasi liburan panas, pastikan Anda membawa pakaian berwarna terang dan longgar, topi, dan tabir surya. Namun jika Anda akan bepergian dalam kondisi hujan atau dingin, bawalah jaket waterproof, topi hangat, dan sarung tangan.

 

3. Bawalah pakaian ekstra

Membawa pakaian ekstra saat bepergian selalu menjadi ide yang baik, dan hal ini sangat penting saat bepergian dalam kondisi cuaca ekstrem. Jika Anda berjalan di tengah hujan, Anda harus berganti pakaian kering sesegera mungkin. Bawalah pakaian cadangan dalam ransel Anda untuk berganti pakaian saat tiba di hotel.

 

4. Sesuaikan jadwal menjelajah dengan cuaca terkini

Rencanakan waktu untuk menjelajah yang sesuai dengan cuaca setempat. Jika diperkirakan siang akan panas, maka lebih baik mulai menjelajah saat pagi hari.

 

5. Selalu membawa air minum

Saat mengeksplor suatu destinasi atau tempat liburan, pastikan Anda membawa air minum dalam tumbler agar tetap terhidrasi. Bawalah setidaknya 0,5 liter air minum per orang, dan pertimbangkan untuk membawa 2 liter jika cuaca sangat panas.

 

6. Pastikan pola makan sesuai dengan gizi seimbang

Alkohol bersifat diuretik, jadi sebaiknya dihindari saat bepergian dalam cuaca yang sangat panas. Sebaliknya, fokuslah untuk mengonsumsi makanan yang seimbang yang mencakup banyak buah dan sayuran.

 

7. Perlindungan dari sinar matahari

Pastikan untuk melindungi diri dari sinar matahari dengan mengenakan topi, kacamata hitam, dan tabir surya. Pertimbangkan untuk mengenakan kemeja lengan panjang yang terbuat dari bahan yang ringan dan mudah menyerap keringat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

 

8. Istirahatlah jika lelah, jangan memaksakan diri

Jika Anda merasa lelah setelah berkeliling, jangan lupa untuk selalu beristirahat sejenak. Lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal, dan Anda akan selalu bisa melanjutkan perjalanan setelah sempat beristirahat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement