Jumat 03 May 2024 22:01 WIB

Aktivis Asal California AS Raih Goldman Environmental Prize, Ini Sejumlah Prestasinya

Goldman Environmental Prize merupakan penghargaan internasional terkait lingkungan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Perubahan iklim (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Perubahan iklim (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Andrea Vidaurre, seorang aktivis Amerika keturunan Peru berusia 29 tahun dari California Selatan, telah memenangkan penghargaan bergengsi yaitu Anugerah Lingkungan Goldman (Goldman Environmental Prize) atas upayanya melindungi komunitas yang didominasi orang Latin dari polusi udara. Goldman merupakan penghargaan yang berikan kepada aktivis akar rumput atas kepemimpinan dan pencapaian dalam melindungi planet bumi. 

Vidaurre adalah salah satu dari enam aktivis akar rumput yang dianugerahi penghargaan tersebut pada Senin malam. Ia diakui atas kepemimpinannya di tingkat akar rumput yang berhasil membujuk para pejabat negara bagian untuk mengadopsi peraturan yang secara substansial meningkatkan kualitas udara bagi jutaan orang di California dan mengurangi emisi beracun dari industri pengangkutan lokal.

Baca Juga

Penghargaan ini pertama kali diberikan pada tahun 1990 dan terus diberikan setiap tahun oleh Goldman Environmental Foundation, yang didirikan oleh mendiang Richard Goldman dan istrinya, Rhoda Haas Goldman.

"Saya merasa sangat terhormat dan istimewa untuk menjadi orang yang berbicara tentang pekerjaan gerakan kami. Saya merasa memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengangkat fakta bahwa ini adalah pekerjaan yang telah dilakukan selama puluhan tahun oleh komunitas yang terkena dampak angkutan barang di Amerika Serikat,” kata Vidaurre seperti dilansir NBC, Jumat (3/5/2024).