Jumat 13 Sep 2024 10:03 WIB

Dari Silk Road to Digital Road: Forum Media China-Indonesia Bangun Masa Depan

Forum ini untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan China lewat media.

Red: Karta Raharja Ucu
Forum Media China-Indonesia menjadi jembatan memperkuat hubungan kedua negara terutama dalam membangun alur informasi yang seimbang dan akurat.
Foto: Forum Media Indonesia China
Forum Media China-Indonesia menjadi jembatan memperkuat hubungan kedua negara terutama dalam membangun alur informasi yang seimbang dan akurat.

Oleh : Elba Damhuri, Pemimpin Redaksi Republika

REPUBLIKA.CO.ID, Jika Anda ingin tahu kehidupan China modern 50 tahun ke belakang, maka datangilah Shanghai. Di sana Anda akan melihat modernisasi luar biasa, ekonomi yang kemilau, dan lahirnya sosok-sosok miliarder dari berbagai umur.

Jika Anda ingin melihat peradaban China 500 tahun terakhir maka datagilah Beijing. Di sana terlihat simbol-simbol kemegahan politik dan persatuan China. Di Beijing lahir dan tumbuh tokoh-tokoh besar China yang membuat negeri Panda ini Berjaya seperti saat ini.

Dan, jika Anda ingin menjadi saksi kehidupan China 3.000-5.000 tahun lalu, datangilah Xi'an (Xian). Kota Xian di Provinsi Shaanxi ini menjadi salah satu tujuan Utama wisata dunia, tersimpan banyak peninggalan sejarah ribuan tahun lalu.

Yang paling fenomenal adalah Museum Prajurit Terakota dan Kuda yang diperkirakan dibangun 2.000 tahun lalu. Simbol-simbol kebersamaan, harmonisasi, toleransi, kesejahteraan, dan kejayaan tampak jelas muncul di sana.