Senin 27 Sep 2010 08:18 WIB

Luncurkan Produk Baru, Yamaha Kejar Pangsa Pasar 55 Persen

Rep: Mansyur Faqih/ Red: Budi Raharjo
Yamaha New Scorpion Z
Yamaha New Scorpion Z

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG--PT Yamaha Kencana Motor Indonesia (YMKI) berharap dapat menaikkan market share di segmen motorsport menjadi 55 persen hingga akhir tahun ini. Hal tersebut dilakukan setelah pabrikan tersebut memperkenalkan dua model baru di segmen motorsport, Byson dan New Scorpio Z.

‘’Market Share kami di segmen motorsport saat ini sekitar 53 persen. Dengan dua produk tersebut, kami berharap dapat menaikan market share setidaknya menjadi 55 persen,’’ ujar GM Promotion and Motorsport YMKI, Paulus S Firmanto, di sela-sela acara silaturahmi komunitas pengendara motorsport di Gunung Bromo, Malang, Jawa Timur.

Menurutnya, saat ini pangsa pasar motorsport mencapai tujuh persen dari keseluruhan pasar sepeda motor nasional. Atau sekitar 40 ribu unit. Dari angka itu, penjualan YMKI di segmen motorsport mencapai 22 ribu unit per bulan. ‘’Kami ingin naikkan jadi 24 ribu hingga 25 ribu unit hingga akhir tahun ini,’’ paparnya.

Kontribusi penjualan Yamaha di segmen motorsport masih diberikan oleh Vixion dengan penyerapan pasar sekitar 20 ribu per bulan. Sisanya disumbangkan oleh Scorpio Z yang penjualannya mencapai 2.500 unit per bulan.

Meskipun melakukan perubahan dari sisi bentuk dan desain, Yamaha tidak berharap penjualan Scorpio Z akan mengalami kenaikan. Yamaha lebih mengandalkan Byson sebagai produk terbaru yang penjualannya diharapkan dapat mencapai angka 20 ribu unit hingga akhir tahun.

‘’Kami tidak menaikan target Scorpio Z karena potensi pasarnya sangat kecil jika dibandingkan Byson dan Vixion. Apalagi, perubahan yang dilakukan dari model sebelumnya tidak terlalu banyak,’’ papar Paulus.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement