Kamis 02 Dec 2010 02:26 WIB

Satu Lagi Jamaah Haji Indonesia Positif H1N1

Rep: Priyantono Oemar dari Makkah/ Red: Siwi Tri Puji B
Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI)
Foto: Siwi Tri Puji/Republika
Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI)

REPUBLIKA.CO.ID,  MADINAH--Seorang jamaah haji asal Indonesia, SH0, dari kloter 48 Solo (S0C) dinyatakan positif terkena flu babi (H1N1). Jamaah tersebut kini dirawat secara intensif di ruang ICU RS King Fahad Madinah.

"Tidak perlu khawatir berlebihan, H1N1 sekarang ini sudah bukan lagi kasus yang dianggap oleh WHO sebagai pandemik, tapi sudah dianggap sebagai common flu," kata Wakadaker Madinah Bidang Kesehatan, dr Mawari Edy.

Hal itu disampaikan dokter Edy di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) Madinah, Selasa (30/11/2010). Ikut mendampingi Edy, dalam jumpa pers tersebut adalah Kepala BPHI dr Subagyo dan Kepala Seksi Sanitasi dan Surveilans (Sansur) Zainal Ilyas.

SHO merupakan jamaah ketiga yang positif terjangkiti H1N1. Sebelum SHO, dua jamaah sudah terjangkit H1N1 yaitu ST dari embarkasi Surabaya yang kini sudah wafat dan seorang jamaah yang masih dirawat di RS Al Wadi Mina. Kedua jamaah tersebut diduga terkena H1N1 saat berada di Makkah. Sementara SHO merupakan pasien H1N1 pertama di Madinah.