Jumat 07 Jan 2011 03:01 WIB

Akhirnya... Kapolda Jateng Izinkan Laga Pembuka LPI

Red: Didi Purwadi
Edward Aritonang
Edward Aritonang

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Kepala Polda Jawa Tengah, Irjen Pol. Edward Aritonang, memastikan pembukaan kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) akan digelar di Stadion Manahan Solo pada 8 Januari 2011 menyusul adanya rekomendasi dari Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). Kapolda menyatakan pihaknya siap menerjunkan sejumlah personel untuk mengamankan jalannya laga perdana LPI di Solo.

Ia menambahkan pihaknya sudah memperoleh izin dari Polri untuk ikut mengamankan jalannya pembukaan LPI itu menyusul hasil rapat koordinasi yang dihadiri BOPI di Jakarta. Isi rekomendasi menyebutkan, pembina induk organisasi (BOPI) telah merestui diadakan pertandingan pembukaan LPI antara kesebelasan Solo FC melawan Persema Malang di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (8/1).

Dalam keputusan itu, kata Kapolda, pertandingan olahraga sepak bola amatir diatur oleh Pasal 51 Undang Undang Nomor 3 Tahun 2005 induk olahraga PSSI. Sedangakan olahraga profesional itu izinnya dikeluarkan oleh BOPI.

Edward menegaskan bahwa Polri tidak mengeluarkan izin adanya pertandingan kompetisi LPI di Solo. Tetapi, menurut Edward, izin yang diberikan itu izin kegiatan keramaian.