Ahad 19 Sep 2010 22:18 WIB

Kartu Multiguna Kesehatan di Tangerang akan Diterapkan Secara On Line

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG--Kartu multiguna yang digunakan oleh warga Kota Tangerang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan akan diterapkan secara sistem on line atau melalui jaringan internet pada tahun 2011 mendatang. Tujuannya, masyarakat bisa mengetahui informasi dan mendapatkan pelayanan kesehatan lebih mudah.

Menurut Walikota Tangerang, Wahidin Halim, sistem layanan kesehatan tersebut bisa diakses oleh warga yang memegang kartu multiguna di seluruh puskesmas di seluruh kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Menurutnya, jumlah masyarakat yang memegang kartu multiguna tersebut hingga saat ini mencapai 387.500 orang.

"Dengan begitu, pasien pemegang kartu multiguna secara mudah dan cepat bisa terlayani di rumah sakit rujukan yang bekerja sama dengan Pemkot Tangerang," ujar Wahidin, Ahad (19/9).

Sebagai contoh, Wahidin mengatakan, warga yang ingin dirawat di salah satu rumah sakit, bisa mengetahui apakah ruangan di rumah sakit itu penuh atau tidak. Sehingga, warga pemegang kartu itu bisa mengecek rumah sakit lain yang ruang perawatannya sedang kosong.