Kamis 30 Sep 2010 04:32 WIB

Menhut Hargai Rizal Mallarangeng Serahkan Villa di Bogor

Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Menteri Kehutanan, Zukifli Hasan, menghargai tindakan Rizal Mallarangeng yang secara sukarela menyerahkan vila beserta lahan miliknya yang terdapat di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Rabu (29/9).

Pernyataan itu disampaikan Dirjen PHKA Kementerian Kehutanan, Darori, saat dihubungi usai penandatanganan berita acara penyerahan lahan seluas 9,5 hektar berikut asetnya oleh Rizal Mallarangeng. "Bapak menteri juga hadir dalam penandatanganan tersebut menyatakan sangat menghargai tindakan yang dilakukan oleh Rizal. Ia juga berharap tindakan serupa juga dilakukan oleh para pemilik vila lainnya," imbuh Darori.

Penyerahan berita acara dilangsungkan di pendopo, salah satu dari sembilan bangunan milik Rizal yang ada di lahan tersebut. Dokumen dilengkapi matrai Rp 6.000 itu ditandatangani langsung Rizal dan Kepala Balai TNGHS Istanto, mewakili pemerintah. Dokumen tersebut lalu diserahkan kepada Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

Penandatanganan berita acara penyerahan tersebut juga diwarnai aksi sukarela 11 orang warga dan pemilik vila yang menyatakan akan menyerahkan bangunan miliknya kepada pemeritah. Ke 11 warga pemilik vila atau bangunanan di kawasan TNGHS yang menyatakan siap menyerahkan lahan mereka kepada pemerintah, sebagaimana yang dilakukan Mallarangeng.